• Fri. Jul 12th, 2024

Resep Olahan Tepung Beras Sederhana

BySaputra

Sep 25, 2023

Hello teman-teman, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep olahan tepung beras sederhana yang tentunya bisa menjadi alternatif makanan yang lezat dan sehat untuk keluarga kita di rumah. Tepung beras memang sering dijadikan bahan dasar dalam berbagai jenis makanan, seperti kue tradisional Indonesia, mi, dan lain sebagainya. Namun, kali ini saya akan berbagi tentang beberapa olahan tepung beras yang sederhana dan mudah dibuat di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

1. Kue Apem

Kue apem atau sering juga disebut dengan kue apek merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta rasa yang manis. Untuk membuat kue apem, kita hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:- 250 gram tepung beras- 50 gram tepung ketan- 200 ml air matang- 250 ml santan- 150 gram gula pasir- 1/4 sendok teh ragi instan- 1/2 sendok teh baking powder- Daun pandan secukupnyaCara membuat kue apem ini cukup mudah, pertama-tama kita campurkan tepung beras, tepung ketan, dan air matang hingga tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan santan dan gula pasir, aduk hingga gula larut. Tambahkan ragi instan dan baking powder, aduk kembali hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, panaskan cetakan kue dengan api kecil dan letakan daun pandan di dalamnya. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga penuh dan tunggu hingga matang. Angkat dan kue apem siap dinikmati.

2. Dadar Gulung

Dadar gulung merupakan kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras yang diolesi dengan gula merah cair dan digulung. Kue ini memiliki rasa yang manis dan aroma wangi dari daun pandan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dadar gulung:- 200 gram tepung beras- 50 gram tepung terigu- 1 sendok makan air kapur sirih- 500 ml air matang- 1/2 sendok teh garam- 300 gram gula merah, serut- 500 ml air- Daun pandan secukupnyaCara membuat dadar gulung cukup sederhana, pertama-tama kita campurkan tepung beras, tepung terigu, air kapur sirih, air matang, dan garam hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, panaskan wajan datar dan olesi dengan minyak goreng. Tuangkan adonan ke dalam wajan dan ratakan. Setelah itu, olesi adonan dengan gula merah cair dan gulung adonan hingga rapat. Ulangi proses tersebut hingga adonan habis. Dadar gulung siap disajikan.

3. Mie Tepung Beras

Mie tepung beras merupakan salah satu jenis mie yang terbuat dari tepung beras. Mie ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta cocok dijadikan sebagai bahan dasar dalam berbagai jenis masakan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie tepung beras:- 250 gram tepung beras- 50 gram tepung tapioka- 1 sendok teh garam- 1 butir telur ayam- 150 ml air matangCara membuat mie tepung beras cukup mudah, pertama-tama kita campurkan tepung beras, tepung tapioka, dan garam hingga tercampur rata. Tambahkan telur ayam dan air matang, aduk hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, giling adonan dengan mesin mie atau bisa juga dengan cara manual dengan cara dipipihkan menggunakan rolling pin. Setelah itu, rebus mie tepung beras dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan.

4. Lepet Ketan

Lepet ketan merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula kelapa dan dibungkus menggunakan daun pisang. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lepet ketan:- 500 gram ketan putih- 500 ml air matang- 1 sendok teh garam- 250 gram gula kelapa- 150 ml air matang- Daun pisang secukupnyaCara membuat lepet ketan cukup mudah, pertama-tama kita rendam ketan putih dalam air selama kurang lebih 4 jam. Setelah itu, kukus ketan hingga matang. Selanjutnya, campurkan gula kelapa dan air matang, kemudian rebus hingga gula larut dan mendapatkan tekstur yang kental. Setelah itu, ambil selembar daun pisang dan letakan ketan di atasnya. Beri gula kelapa di atas ketan dan bungkus menggunakan daun pisang. Ulangi proses tersebut hingga ketan habis. Lepet ketan siap disajikan.

5. Serabi

Serabi merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak dengan cara dipanggang. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat serabi:- 250 gram tepung beras- 100 gram tepung terigu- 500 ml santan- 50 gram gula pasir- 1/4 sendok teh ragi instan- 1/2 sendok teh baking powder- Daun pandan secukupnyaCara membuat serabi cukup mudah, pertama-tama kita campurkan tepung beras, tepung terigu, santan, dan gula pasir hingga tercampur rata. Tambahkan ragi instan dan baking powder, aduk kembali hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, panaskan cetakan serabi dan letakan daun pandan di dalamnya. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga penuh dan tunggu hingga matang. Angkat dan serabi siap dinikmati.

Kesimpulan

Itulah beberapa olahan tepung beras sederhana yang bisa kita buat di rumah. Semoga resep-resep di atas bisa menjadi inspirasi dan alternatif makanan lezat dan sehat untuk keluarga kita di rumah. Selamat mencoba!

Nama Olahan Bahan-Bahan
Kue Apem – 250 gram tepung beras
– 50 gram tepung ketan
– 200 ml air matang
– 250 ml santan
– 150 gram gula pasir
– 1/4 sendok teh ragi instan
– 1/2 sendok teh baking powder
– Daun pandan secukupnya
Dadar Gulung – 200 gram tepung beras
– 50 gram tepung terigu
– 1 sendok makan air kapur sirih
– 500 ml air matang
– 1/2 sendok teh garam
– 300 gram gula merah, serut
– 500 ml air
– Daun pandan secukupnya
Mie Tepung Beras – 250 gram tepung beras
– 50 gram tepung tapioka
– 1 sendok teh garam
– 1 butir telur ayam
– 150 ml air matang
Lepet Ketan – 500 gram ketan putih
– 500 ml air matang
– 1 sendok teh garam
– 250 gram gula kelapa
– 150 ml air matang
– Daun pisang secukupnya
Serabi – 250 gram tepung beras
– 100 gram tepung terigu
– 500 ml santan
– 50 gram gula pasir
– 1/4 sendok teh ragi instan
– 1/2 sendok teh baking powder
– Daun pandan secukupnya

By Saputra