kue lapis beras

Hello teman-teman, kali ini saya ingin berbicara tentang salah satu kue tradisional Indonesia yang paling terkenal, yaitu kue lapis beras. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan atau beras yang dikukus secara bertahap dengan lapisan gula dan santan yang memang membuatnya memiliki cita rasa yang manis dan lembut. Biasanya kue lapis beras dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, atau hari raya. Bagaimana sejarah kue lapis beras dan bagaimana cara membuatnya? Simaklah artikel ini sampai selesai ya!

Sejarah Kue Lapis Beras

Sesuai dengan namanya, kue lapis beras berasal dari nusantara yang sudah ada sejak zaman dahulu. Cita rasa dan bentuknya yang unik membuat kue ini menjadi populer di kalangan masyarakat. Menurut sejarah, kue lapis beras awalnya hanya disajikan pada acara pernikahan oleh keluarga bangsawan sebagai simbol kemakmuran. Namun, seiring berjalannya waktu, kue ini semakin populer dan bisa ditemukan di warung-warung kue tradisional.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue lapis beras, kamu membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: tepung ketan, gula pasir, santan, pewarna makanan yang alami, dan daun pandan sebagai penambah aroma segar. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan kelapa parut dan garam secukupnya sebagai taburan pada permukaan kue.

Cara Membuat Kue Lapis Beras

Untuk membuat kue lapis beras, pertama-tama kamu harus menyiapkan loyang ukuran sedang dan lapisi dengan daun pisang agar kue tidak lengket. Kemudian, campurkan tepung ketan, santan, dan gula pasir dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Selanjutnya, bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian tetap putih, dan satu bagian lagi dicampur dengan pewarna makanan yang alami sesuai selera.

Table: Resep Kue Lapis Beras

Bahan Jumlah
Tepung Ketan 500 gr
Gula Pasir 250 gr
Santan 500 ml
Pewarna Makanan Sesuai Selera
Daun Pandan 2 lembar
Kelapa Parut Secukupnya
Garam Secukupnya

Setelah itu, kukus adonan putih selama 10 menit hingga matang. Kemudian, keluarkan dari kukusan dan tuangkan setengah dari adonan yang berwarna ke dalam loyang. Ratakan dan kukus selama 10 menit. Ulangi proses tersebut dengan adonan yang lain hingga adonan habis dan permukaannya terlihat lapisan berlapis. Setelah itu, tunggu hingga kue dingin, taburi kelapa parut dan garam di atasnya.

Varian Kue Lapis Beras

Tidak hanya kue lapis beras tradisional, saat ini sudah banyak varian kue lapis beras yang bisa kamu temukan di pasaran. Ada kue lapis beras dengan bahan dasar ubi, jagung, atau ketela. Ada pula kue lapis beras yang dipadu dengan aneka rasa seperti cokelat, keju, dan pandan. Meski banyak varian, tetapi kue lapis beras tradisional tetap menjadi favorit banyak orang.

Penutup

Itulah tadi artikel tentang kue lapis beras yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Meskipun rasanya manis, tetapi tidak membuat orang mudah bosan. Apalagi kue ini memiliki banyak varian sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan selera kamu. Sekarang waktunya untuk mencoba membuat kue lapis beras sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Originally posted 2023-05-30 20:12:00.