• Fri. Jul 12th, 2024

cara bikin biji ketapang gurih dan renyah

BySaputra

Sep 23, 2023

Hello teman-teman, kali ini saya ingin berbagi resep cara bikin biji ketapang gurih dan renyah. Siapa yang tidak suka camilan yang satu ini? Biji ketapang memang menjadi camilan favorit banyak orang. Biji ketapang memiliki rasa gurih yang khas dan teksturnya yang renyah membuatnya sulit untuk dihindari. Di sini, saya akan membahas langkah demi langkah cara membuat biji ketapang yang enak dan lezat. Jadi, ayo kita mulai!

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat biji ketapang, pastikan terlebih dahulu bahwa semua bahan yang dibutuhkan tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat biji ketapang:

Bahan Jumlah
Ketan putih 1 kg
Kelapa parut kasar 1 butir
Garam halus 1 sendok teh
Air matang Secukupnya

Dengan bahan-bahan tersebut, kamu sudah siap untuk membuat biji ketapang yang enak dan lezat.

Cara Membuat

1. Pertama-tama, cuci bersih ketan putih dan rendam selama 4-5 jam. Setelah direndam, tiriskan ketan putih dan sisihkan.2. Siapkan wadah dan campurkan kelapa parut kasar dengan garam halus. Aduk hingga rata.3. Ambil sejumput kelapa parut yang sudah dicampur garam, lalu giling bersama ketan putih yang sudah ditiriskan. Ulangi langkah ini hingga semua ketan putih tercampur rata dengan kelapa parut.4. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk hingga adonan terlihat basah dan melekat.5. Giling adonan ketan putih secara perlahan hingga membulat dan berukuran kecil.6. Panaskan wajan dengan api sedang dan masukkan biji ketapang yang sudah digiling. Tunggu hingga biji ketapang matang dan berwarna kuning kecoklatan.7. Angkat biji ketapang dari wajan dan tiriskan menggunakan saringan atau tisu dapur.

Tips dan Trik

1. Pastikan ketan putih sudah direndam selama 4-5 jam untuk memudahkan proses penggilingan.2. Jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam adonan ketan putih, karena akan membuat biji ketapang menjadi lembek.3. Gunakan kelapa parut kasar untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah pada biji ketapang.4. Jangan terlalu lama menggiling ketan putih, karena bisa membuat biji ketapang menjadi keras dan tidak renyah.

Kesimpulan

Itulah cara membuat biji ketapang yang enak dan lezat. Tidak sulit bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat biji ketapang yang gurih dan renyah dengan mudah di rumah. Selamat mencoba!

By Saputra