apem gula merah tepung beras

Judul: Apem Gula Merah Tepung Beras – Resep Lezat Khas IndonesiaSub Judul: Nikmati Sensasi Manis dan Lembutnya Apem Gula Merah Tepung BerasHello teman-teman, kali ini saya ingin berbagi resep lezat khas Indonesia yang bisa kamu coba di rumah. Siapa yang tidak suka dengan kudapan manis dan lembut yang satu ini? Ya, Apem Gula Merah Tepung Beras memang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan lembut di tengah padatnya tepung beras, ditambah lagi dengan aroma khas gula merah, membuat siapa saja tergoda untuk mencobanya. Nah, kali ini akan saya bagikan resep cara membuat Apem Gula Merah Tepung Beras yang enak dan mudah.

Sebelum mulai membuat Apem Gula Merah Tepung Beras, pastikan semua bahan telah siap. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Tepung beras 250 gram
Gula merah 300 gram
Ketan putih 50 gram
Ragi instan 1 sendok teh
Air matang 600 ml
Garam 1/4 sendok teh

Setelah semua bahan tersedia, mulailah membuat adonan Apem Gula Merah Tepung Beras dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Membuat Adonan Cetakan

Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung beras, ketan putih, ragi instan, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Kemudian, tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan yang tersisa.

Langkah 2: Membuat Adonan Gula Merah

Selanjutnya, ambil gula merah dan potong-potong kecil. Tambahkan air 200 ml ke dalam panci dan masukkan gula merah potong ke dalamnya. Masak gula merah dengan api kecil hingga larut dan mendidih. Setelah itu, saring gula merah menggunakan saringan halus agar tidak ada serpihan yang tersisa.

Langkah 3: Menggabungkan Adonan Cetakan dan Adonan Gula Merah

Setelah adonan cetakan dan adonan gula merah telah siap, campurkan keduanya dalam satu wadah dan aduk hingga adonan tercampur rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan mengembang dengan baik.

Langkah 4: Membuat Apem Gula Merah Tepung Beras

Siapkan cetakan Apem yang telah diolesi minyak secara merata. Kemudian, tuang adonan kedalam cetakan dengan menggunakan sendok sayur. Jangan terlalu penuh, cukup hingga 3/4 dari tinggi cetakan. Setelah itu, kukus Apem selama 20-25 menit dengan api sedang. Cek kematangan Apem dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi, jika sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti Apem sudah matang.

Langkah 5: Siap Disajikan

Setelah matang, angkat Apem dari cetakan dan sajikan Apem Gula Merah Tepung Beras yang lembut dan manis. Kamu bisa menambahkan kelapa parut sebagai pelengkap untuk memberikan sensasi yang lebih nikmat.

Sekian resep cara membuat Apem Gula Merah Tepung Beras yang enak dan mudah. Selamat mencoba di rumah dan nikmati sensasi manis dan lembutnya Apem Gula Merah Tepung Beras yang khas Indonesia. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Apem Gula Merah Tepung Beras memang menjadi kudapan favorit banyak orang karena cita rasanya yang manis dan lembut. Resep cara membuat Apem Gula Merah Tepung Beras yang mudah dan enak bisa kamu coba di rumah dengan bahan yang mudah didapat. Tidak perlu khawatir tentang kematangan Apem yang sempurna, karena dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Apem yang kamu buat pasti akan matang sempurna. Selamat mencoba!