Resep Lapis Legit 20 Butir Telur

Hello teman-teman pembaca, saya ingin berbagi dengan kalian resep lapis legit 20 butir telur yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Lapis legit adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dan banyak disukai. Kue ini terdiri dari lapisan-lapisan yang lembut dan manis dengan aroma rempah yang khas. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

Bahan A Bahan B
500 gram mentega tawar 250 gram gula pasir
500 ml susu cair 250 gram tepung terigu protein sedang
20 butir kuning telur 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
10 butir putih telur 1/2 sendok teh bubuk vanili
1/2 sendok teh garam 1/2 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh emulsifier 1/4 sendok teh cengkeh bubuk

Bahan A adalah bahan mentah yang perlu diolah terlebih dahulu. Pertama, panaskan susu cair hingga mendidih. Kemudian, tambahkan mentega tawar dan aduk rata hingga mentega meleleh. Angkat dari api dan dinginkan.

Setelah itu, kocok kuning telur hingga lembut dan berwarna kuning pucat. Campurkan dengan Bahan B, yaitu gula, tepung terigu, kayu manis bubuk, bubuk vanili, garam, pala bubuk, cengkeh bubuk, dan emulsifier. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

Siapkan loyang ukuran 20×20 cm dan olesi dengan mentega. Tuang sedikit adonan kuning telur ke dalam loyang, ratakan dengan spatula, dan panggang di dalam oven suhu 160 derajat Celsius selama 5-7 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin.

Selanjutnya, tuang adonan Bahan A ke dalam adonan Bahan B secara perlahan sambil diaduk rata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Kemudian, masukkan putih telur yang telah dikocok kaku dan aduk rata dengan spatula.

Tuang adonan ke dalam loyang bersama adonan kuning telur. Panggang dalam oven suhu 160 derajat Celsius selama 25-30 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong sesuai dengan selera.

Lapis legit 20 butir telur siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Demikian resep lapis legit 20 butir telur yang mudah dan enak. Dengan sedikit usaha dan kesabaran, kamu bisa membuat kue tradisional Indonesia ini di rumah dengan hasil yang memuaskan. Jangan lupa untuk mengikuti takaran bahan dan langkah-langkah dengan teliti agar lapis legit bisa matang sempurna. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Originally posted 2023-06-03 05:42:00.