Resep Kue Talam Singkong Gula Merah yang Bikin Lidah Bergoyang

Hello, teman-teman pembaca yang sedang mencari resep kue tradisional yang enak dan mudah dibuat. Kali ini, saya akan berbagi resep kue talam singkong gula merah yang pasti bisa membuat lidah kalian bergoyang. Siapa yang tidak kenal dengan kue talam? Kue yang terbuat dari tepung ketan dan santan kelapa ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Namun, kue talam singkong gula merah ini memiliki rasa yang lebih beragam dan tentunya lebih lezat. Yuk, langsung saja kita simak resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum kita memulai membuat kue talam singkong gula merah, kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

200 gram tepung ketan 200 gram singkong yang sudah diparut halus
200 ml santan kental 150 gram gula merah
1/2 sendok teh garam 2 lembar daun pandan
400 ml air minyak goreng secukupnya

Cara membuat kue talam singkong gula merah

Setelah kalian menyiapkan semua bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membuat kue talam singkong gula merah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kalian ikuti:

1. Campurkan tepung ketan, singkong parut, santan, dan garam. Aduk rata sampai tidak ada yang menggumpal.

2. Siapkan wajan, masukkan gula merah, daun pandan, dan air. Masak dengan api kecil sampai gula merah larut sempurna dan tercampur dengan air. Setelah itu, saring dan biarkan dingin.

3. Masukkan campuran gula merah ke dalam adonan tepung ketan sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Aduk rata sampai tidak ada yang menggumpal.

4. Ambil loyang atau cetakan kue, olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan kue talam singkong gula merah ke dalam loyang atau cetakan kue tersebut.

5. Siapkan panci pengukus, panaskan air sampai mendidih. Setelah itu, letakkan loyang atau cetakan kue yang sudah berisi adonan kue talam singkong gula merah ke dalam panci pengukus tersebut.

6. Kukus adonan kue talam singkong gula merah dengan api sedang selama kurang lebih 30-35 menit sampai matang.

7. Setelah matang, angkat dan diamkan kue talam singkong gula merah sampai dingin. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan atau loyang.

8. Kue talam singkong gula merah siap disajikan. Sajikan kue ini pada saat hangat atau dingin dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Tips dalam membuat kue talam singkong gula merah

Untuk mendapatkan hasil kue talam singkong yang sempurna, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Berikut ini adalah tips-tipsnya:

1. Pastikan singkong yang kalian gunakan sudah diparut halus dan tidak ada seratnya.

2. Saat mengaduk adonan kue talam singkong gula merah, pastikan adonannya benar-benar tercampur dengan merata.

3. Gunakan api yang sedang saat mengukus kue talam singkong gula merah untuk menghindari adonan kue yang terlalu cepat matang atau gosong di bagian bawahnya.

4. Jangan terlalu sering membuka tutup panci pengukus saat memasak kue talam singkong gula merah agar kue tersebut tidak mengalami perubahan suhu yang drastis.

Kesimpulan

Itulah resep kue talam singkong gula merah yang bisa kalian coba di rumah. Kue ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup setelah makan. Selain enak dan lezat, kue talam singkong gula merah juga mudah dibuat dan tidak memakan waktu yang lama. Yuk, segera coba resep ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga atau teman-teman kalian. Happy cooking!

Originally posted 2023-06-04 14:27:00.