• Thu. Jul 18th, 2024

olahan tepung maizena

BySaputra

Sep 24, 2023

Judul: “Kreasi Olahan Tepung Maizena yang Mudah dan Lezat”

Tepung Maizena, Bahan Serbaguna untuk Olahan Masakan

Hello, teman-teman pecinta masakan! Apa kabar? Kali ini, saya ingin berbagi resep olahan tepung maizena yang mudah dan lezat. Tepung maizena, atau tepung jagung, adalah bahan serbaguna yang dapat digunakan untuk mengganti tepung terigu dalam banyak resep masakan. Selain itu, tepung maizena juga rendah gluten, sehingga cocok untuk orang yang mengalami intoleransi gluten. Yuk, mari kita coba berkreasi dengan tepung maizena!

Bolu Maizena, Kue Basah yang Mudah Dibuat

Siapa yang tidak suka bolu? Bolu adalah salah satu kue basah yang paling populer di Indonesia. Nah, kali ini kita akan membuat bolu maizena yang mudah dibuat. Campurkan 100 gram tepung maizena, 50 gram tepung terigu, 120 gram gula pasir, 4 butir telur, dan 1 sendok teh vanili bubuk. Kocok semua bahan hingga mengembang. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti. Panggang selama 30-40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Voila! Bolu maizena siap disajikan.

Kue Putri Ayu, Kue Khas Indonesia yang Manis dan Lembut

Selain bolu, kue putri ayu juga menjadi salah satu kue khas Indonesia yang banyak disukai. Kue putri ayu terbuat dari adonan tepung maizena, santan, gula pasir, dan telur. Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam cetakan putri ayu yang sudah diolesi minyak atau mentega. Kukus selama 15-20 menit. Taburi dengan kelapa parut dan sajikan. Kue putri ayu siap untuk dinikmati.

Nugget Ayam, Camilan yang Lezat dan Sehat

Nugget ayam adalah camilan yang populer di kalangan anak-anak. Namun, biasanya nugget yang dijual di pasaran mengandung banyak bahan pengawet dan tidak sehat. Nah, kali ini kita akan membuat nugget ayam yang sehat dan lezat dengan tepung maizena. Campurkan 250 gram daging ayam giling, 2 sendok makan tepung maizena, 1 butir telur, 2 siung bawang putih cincang halus, 1 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh merica bubuk. Aduk semua bahan hingga rata. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat atau sesuai selera. Goreng nugget dalam minyak panas hingga kecoklatan. Nugget ayam siap disajikan dengan saus sambal atau mayones.

Puding, Dessert yang Mudah dan Enak

Puding adalah dessert yang mudah dibuat dan enak. Kali ini kita akan membuat puding menggunakan tepung maizena. Campurkan 500 ml susu cair, 100 gram gula pasir, 2 sendok makan tepung maizena, dan 2 sendok makan bubuk agar-agar. Aduk semua bahan hingga rata. Panaskan adonan sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup. Tuang adonan ke dalam cetakan dan biarkan dingin. Puding siap untuk dinikmati dengan saus buah atau selai.

Brownies, Kudapan yang Menggoda Selera

Siapa yang tidak suka brownies? Brownies adalah kudapan yang menggoda selera dan cocok untuk dijadikan cemilan di kala santai. Nah, kali ini kita akan membuat brownies dengan tepung maizena. Campurkan 150 gram tepung maizena, 200 gram dark cooking chocolate, 200 gram mentega, 150 gram gula pasir, 3 butir telur, dan 1 sendok teh vanili bubuk. Lelehkan dark cooking chocolate dan mentega dengan cara ditim. Campurkan semua bahan ke dalam wadah lalu aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti. Panggang selama 25-30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Brownies siap disajikan dengan taburan gula halus atau irisan almond.

Simak Kesimpulan Berikut

Tepung maizena adalah bahan serbaguna yang cocok untuk digunakan dalam berbagai olahan masakan. Selain mudah didapatkan, tepung maizena juga rendah gluten sehingga cocok untuk orang yang mengalami intoleransi gluten. Dari kreasi olahan tepung maizena di atas, kita bisa melihat bahwa kita bisa berkreasi dengan berbagai macam kudapan dan dessert yang mudah dibuat dan tentunya lezat. Mari kita berkreasi dan menikmati olahan tepung maizena!

Bahan-Bahan Bolu Maizena Kue Putri Ayu Nugget Ayam Puding Brownies
Tepung Maizena 100 gram 100 gram 2 sendok makan 2 sendok makan 150 gram
Tepung Terigu 50 gram
Gula Pasir 120 gram 120 gram 100 gram 100 gram 150 gram
Telur 4 butir 2 butir 1 butir 3 butir
Santan 200 ml 500 ml
Daging Ayam Giling 250 gram
Bawang Putih 2 siung
Agar-Agar 2 sendok makan 2 sendok makan
Dark Cooking Chocolate 200 gram
Mentega 200 gram

By Saputra