resep kue talam pandan tepung terigu

Hello teman-teman pembaca, kami senang dapat berbagi resep kue talam pandan tepung terigu dengan anda hari ini. Kue talam pandan tepung terigu adalah varian kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, dan gula merah yang dikombinasikan dengan daun pandan segar. Kue ini sangat cocok untuk disajikan di berbagai acara, seperti pesta ulang tahun, reuni keluarga, atau bahkan sebagai camilan di sore hari. Bahkan, kue ini sangat mudah dan sederhana untuk dibuat di rumah. Berikut adalah resep kue talam pandan tepung terigu yang lezat.

Bahan-Bahan:

Bahan Utama Perincian
200 gram tepung terigu
200 ml santan
200 gram gula merah, serut
2 lembar daun pandan, iris tipis
1/2 sendok teh garam
800 ml air

Pertama-tama, kita akan mempersiapkan bahan-bahan. Pastikan semua bahan terukur dan tersedia sebelum memulai memasak. Tepung terigu, santan, dan gula merah serut adalah bahan utama yang harus disiapkan. Selain itu, daun pandan segar dan garam akan memberikan aroma dan rasa yang unik pada kue talam pandan tepung terigu. Jangan lupa untuk menyiapkan air, yang akan digunakan untuk merebus adonan kue nantinya.

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu dengan santan dalam wadah yang telah disiapkan. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

2. Setelah itu, tambahkan gula merah serut dan iris tipis daun pandan ke dalam adonan tepung terigu. Aduk kembali hingga tercampur rata.

3. Tambahkan garam ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.

4. Selanjutnya, panaskan air dalam panci besar. Setelah air mendidih, turunkan api menjadi sedang.

5. Siapkan cetakan kue talam yang telah dibungkus daun pisang. Tuangkan adonan kue talam pandan ke dalam cetakan hingga setengah penuh.

6. Tempatkan cetakan kue talam pandan di dalam panci berisi air yang sudah dipanaskan. Tutup panci dan biarkan adonan kue talam pandan matang selama 15-20 menit.

7. Setelah matang, angkat cetakan kue talam pandan dari panci dan biarkan dingin selama beberapa saat.

8. Setelah dingin, kue talam pandan tepung terigu siap disajikan.

Penyajian:

Kue talam pandan tepung terigu dapat disajikan dalam suhu ruangan atau dingin sesuai selera. Anda juga dapat menambahkan topping seperti kelapa parut atau kacang untuk memberikan sensasi yang lebih pada kue. Kue talam pandan tepung terigu sangat cocok disajikan sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup saat pesta ulang tahun atau reuni keluarga.

Kesimpulan:

Kue talam pandan tepung terigu adalah kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, gula merah serut, dan daun pandan segar. Kue ini sangat mudah dan sederhana untuk dibuat di rumah. Anda dapat menambahkan topping seperti kelapa parut atau kacang untuk menambah cita rasa pada kue. Kue talam pandan tepung terigu cocok disajikan pada acara pesta ulang tahun, reuni keluarga, atau sebagai camilan di sore hari. Yuk, coba buat sendiri di rumah!