• Sun. Jul 14th, 2024

kue talam ijo

BySaputra

Oct 12, 2023

Judul: Kue Talam Ijo, Lezatnya Makanan Khas Indonesia yang Terkenal!

Mengenal Kue Talam Ijo, Makanan Khas Indonesia yang Menyegarkan

Hello, para pembaca setia yang gemar mencoba berbagai macam kuliner dari seluruh penjuru Indonesia. Kali ini, saya ingin membahas tentang makanan khas daerah yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu kue talam ijo. Kue ini memiliki rasa yang menyegarkan dan terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat. Bagi Anda yang belum pernah mencoba kue talam ijo, yuk simak informasi berikut ini!

Kue talam ijo berasal dari daerah Sumatera Selatan, tepatnya di Kota Palembang. Namun, saat ini kue ini sudah menjadi makanan khas yang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Secara umum, kue talam ijo terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan putih dan lapisan hijau yang terbuat dari tepung ketan dan daun pandan. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.

Bahan-Bahan untuk Membuat Kue Talam Ijo yang Lezat

Untuk membuat kue talam ijo, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 200 gram
Santan kental 500 ml
Gula pasir 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 3 lembar
Pewarna hijau secukupnya
Kelapa parut 100 gram
Gula merah 100 gram
Air 100 ml

Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga membutuhkan cetakan kue talam dengan ukuran sesuai dengan keinginan Anda. Setelah semua bahan siap, mari kita mulai membuat kue talam ijo yang lezat ini!

Cara Membuat Kue Talam Ijo yang Sederhana dan Mudah

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat kue talam ijo:

  1. Pertama-tama, campurkan tepung ketan, santan, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.
  2. Masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan dan masak dengan api kecil hingga adonan mengental. Jangan lupa aduk terus agar tidak gosong.
  3. Setelah adonan mengental, ambil separuh adonan dan tambahkan pewarna hijau secukupnya. Aduk rata hingga warna hijau merata.
  4. Siapkan cetakan kue talam dan olesi dengan minyak goreng secukupnya. Tuang adonan putih hingga setengah dari cetakan, kemudian tuang adonan hijau di atasnya hingga penuh.
  5. Siapkan panci pengukus dan panaskan dengan api sedang. Letakkan cetakan kue talam di atas panci pengukus, kemudian tutup rapat. Kukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
  6. Selagi menunggu kue talam matang, Anda bisa membuat taburan kelapa parut dan gula merah cair. Caranya, rebus gula merah dengan air hingga gula larut dan menyusut. Setelah itu, campurkan kelapa parut dengan gula merah cair.
  7. Setelah kue talam matang, angkat dan biarkan dingin. Keluarkan dari cetakan dan taburi dengan campuran kelapa parut dan gula merah cair. Kue talam ijo siap disajikan!

Nikmati Kue Talam Ijo yang Segar dan Lezat

Kue talam ijo sangat cocok disajikan sebagai camilan atau makanan penutup di berbagai acara. Rasanya yang segar dan lezat membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Taburan kelapa parut dan gula merah cair yang manis dan legit juga menambah cita rasa kue talam ijo yang sudah enak ini menjadi semakin lezat.

Anda bisa mencoba membuat kue talam ijo ini di rumah dengan cara yang sederhana dan mudah. Selamat mencoba dan nikmati kelezatannya!

Kesimpulan

Kue talam ijo adalah makanan khas daerah Sumatera Selatan yang kini telah menjadi makanan khas Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung ketan, santan, daun pandan, dan kelapa parut. Proses pembuatannya pun cukup sederhana dan mudah. Kue talam ijo memiliki rasa yang segar dan lezat, terutama dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair. Bagi Anda yang ingin mencoba makanan khas Indonesia yang satu ini, jangan lupa untuk mengikuti resepnya dan nikmati kelezatannya!

By Saputra