• Sun. Jul 14th, 2024

Resep Serabi Tepung Terigu yang Lezat dan Mudah Dibuat

BySaputra

Sep 30, 2023

Hello para pencinta kuliner, kali ini saya akan berbagi resep serabi tepung terigu yang sangat mudah untuk dibuat. Serabi merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Dulunya serabi hanya dibuat dengan tepung beras, namun seiring perkembangan zaman, kini serabi dapat dibuat dengan berbagai jenis tepung termasuk tepung terigu. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah resep serabi tepung terigu yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan Jumlah
Tepung terigu 500 gram
Tepung beras 100 gram
Gula pasir 200 gram
Santan 1 liter
Air secukupnya
Garam ½ sendok teh
Vanili secukupnya
Pewarna makanan secukupnya

Pastikan bahan-bahan yang Anda gunakan sudah disiapkan dengan baik. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Membuat Serabi Tepung Terigu

1. Campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, vanili, dan garam ke dalam wadah yang cukup besar. Aduk rata dan sisihkan.

2. Panaskan santan dan air secukupnya di atas kompor hingga mendidih. Matikan api dan biarkan sedikit dingin.

3. Tuangkan campuran santan dan air ke dalam adonan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga adonan tercampur dengan baik.

4. Setelah adonan tercampur dengan baik, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata.

5. Panaskan loyang serabi dengan api kecil dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Setelah itu, tuang adonan serabi ke dalam loyang hingga penuh dan tutup loyang dengan penutup agar serabi matang sempurna.

6. Setelah kurang lebih 5-10 menit, buka tutup loyang dan periksa serabi. Jika serabi sudah matang, angkat dan sisihkan.

7. Serabi tepung terigu siap disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula sebagai topping. Selamat mencoba!

Tips dan Trik

1. Pastikan adonan tercampur dengan sempurna agar serabi menjadi lezat dan empuk.

2. Gunakan loyang serabi yang memiliki tutup agar serabi matang sempurna.

3. Jangan terlalu banyak mengolesi loyang dengan minyak goreng, cukup sedikit saja agar serabi tidak lengket pada loyang.

Kesimpulan

Nah, itulah resep serabi tepung terigu yang lezat dan mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat serabi tepung terigu sendiri di rumah. Selain rasanya yang lezat, serabi tepung terigu juga sangat cocok disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan di saat santai. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra