• Thu. Jul 18th, 2024

resep makanan pedas

BySaputra

Jul 11, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Kali ini, kita akan membahas tentang resep makanan pedas yang pastinya membuat lidah kita bergoyang. Siapa yang tidak suka dengan sensasi pedas yang menggigit? Bagi pecinta makanan pedas, artikel ini tepat bagi kalian. Mari kita simak resep makanan pedas yang menggugah selera!

Pertama-tama, mari kita mulai dengan resep makanan pedas yang sederhana namun lezat, yaitu Ayam Rica-rica. Ayam Rica-rica adalah salah satu masakan khas dari Manado yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggoyang lidah. Untuk membuatnya, kita membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

– 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian- 10 cabai merah keriting, iris tipis- 5 cabai rawit merah, iris halus (sesuai selera)- 6 siung bawang merah, iris tipis- 4 siung bawang putih, cincang halus- 2 lembar daun jeruk, iris tipis- 2 batang serai, memarkan- 3 cm lengkuas, iris halus- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Air secukupnya- Minyak untuk menumis

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum. Kemudian, masukkan potongan ayam dan aduk rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Setelah itu, tuang air secukupnya hingga ayam terendam. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap. Ayam Rica-rica siap disajikan!

Selain Ayam Rica-rica, ada juga resep makanan pedas lain yang tak kalah lezat, yaitu Ikan Bakar Pedas. Bagi pecinta seafood, makanan pedas satu ini wajib dicoba. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 1 ekor ikan (jenis bisa disesuaikan), bersihkan dan belah dua- 10 cabai merah keriting, iris tipis- 5 cabai rawit merah, iris halus (sesuai selera)- 6 siung bawang merah, iris tipis- 4 siung bawang putih, cincang halus- 2 buah tomat, potong-potong- 2 lembar daun jeruk- 2 batang serai, memarkan- 3 cm lengkuas, iris halus- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Air jeruk nipis secukupnya- Minyak untuk menumis

Langkah-langkah membuat Ikan Bakar Pedas ini pun mudah. Pertama-tama, campurkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, tomat, daun jeruk, serai, lengkuas, garam, gula, dan air jeruk nipis dalam blender. Blender hingga halus dan menjadi bumbu. Setelah itu, oleskan bumbu pada ikan yang sudah dibersihkan dan belah dua. Bakar ikan hingga matang dan bumbu meresap. Ikan Bakar Pedas siap untuk dinikmati!

Selain dua resep di atas, masih ada banyak lagi resep makanan pedas yang bisa kita coba. Mulai dari Sambal Goreng Krecek, Sate Padang, hingga Rendang Padang yang pedas dan lezat. Semua masakan ini tentunya akan membuat lidah kita bergoyang dan menambah kehangatan pada hidangan kita.

Namun, perlu diingat, meskipun kita menyukai makanan pedas, kita harus tetap memperhatikan porsi dan batasan konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat berdampak buruk pada pencernaan kita. Jadi, tetaplah bijak dalam menikmati makanan pedas ini.

Demikianlah beberapa resep makanan pedas yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi kalian yang suka dengan makanan pedas. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan resep makanan pedas favorit kalian di kolom komentar. Selamat mencoba dan selamat menikmati makanan pedas yang menggoyang lidah!

By Saputra