cara masak ayam rica rica

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Kali ini, kita akan membahas salah satu hidangan khas Indonesia yang begitu lezat dan pedas, yaitu ayam rica-rica. Siapa yang tidak kenal dengan ayam rica-rica? Makanan ini terkenal dengan cita rasa pedas yang menggugah selera. Jangan khawatir, dalam artikel ini, saya akan membagikan kepada Anda cara masak ayam rica-rica yang lezat dan mudah untuk diikuti. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Ayam rica-rica adalah hidangan khas dari Sulawesi Utara, tepatnya Manado. Hidangan ini menggunakan bumbu rica-rica yang terbuat dari cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan beberapa rempah lainnya. Ayam yang digunakan dapat berupa ayam potong atau ayam kampung, sesuai dengan selera Anda.

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan ayam potong atau ayam kampung sebanyak satu ekor, cabai merah dan cabai hijau segar sebanyak 10 buah, bawang merah sebanyak 5 siung, bawang putih sebanyak 3 siung, serai sebanyak 2 batang, daun jeruk sebanyak 5 lembar, daun salam sebanyak 2 lembar, garam secukupnya, kaldu ayam bubuk secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah memotong-motong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Jika Anda menggunakan ayam kampung, bersihkan ayam terlebih dahulu dengan air jeruk nipis atau air asam jawa untuk menghilangkan bau amisnya. Lanjutkan dengan menumbuk kasar cabai merah, cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih menggunakan ulekan atau blender.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar tadi bersama dengan serai, daun jeruk, dan daun salam sampai harum. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan aduk rata dengan bumbu tumis. Tambahkan air secukupnya dan masak ayam hingga setengah matang.

Selanjutnya, tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya sesuai dengan selera Anda. Aduk rata dan masak ayam hingga matang sempurna. Pastikan ayam telah benar-benar empuk dan meresap dengan aroma bumbu yang harum.

Ayam rica-rica siap disajikan! Hidangkan ayam rica-rica ini dengan nasi putih hangat dan pelengkap lainnya seperti irisan mentimun, tomat, atau acar. Siapkan juga sambal terasi atau sambal kecap untuk menambah kelezatan hidangan ini. Jangan lupa juga untuk menyiapkan minuman segar sebagai pendamping makan Anda.

Nikmati hidangan ayam rica-rica yang pedas dan lezat ini bersama keluarga atau teman-teman terdekat Anda. Dijamin, semua orang akan terkesan dengan cita rasa pedas yang begitu menggugah selera. Ayam rica-rica juga cocok disantap saat bersantai di akhir pekan atau saat berkumpul bersama orang-orang tercinta.

Demikianlah cara masak ayam rica-rica yang lezat dan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba memasak hidangan khas Manado ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati!