• Thu. Jul 18th, 2024

aneka masakan cumi

BySaputra

Aug 21, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kamu pecinta cumi? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat! Kali ini kita akan membahas tentang aneka masakan cumi yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak tergoda dengan kelezatan dan keunikan cumi? Dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang lezat, cumi menjadi salah satu hidangan laut yang populer di Indonesia. Jadi, jika kamu ingin mencoba berbagai resep cumi yang lezat, simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Cumi Goreng Tepung

Kita akan memulai petualangan kuliner kita dengan cumi goreng tepung. Masakan ini sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang. Cumi yang digoreng dengan tepung terigu ini memiliki tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam. Untuk membuat cumi goreng tepung yang enak, pertama-tama, bersihkan cumi dengan air bersih dan buang bagian kepala, mata, dan tinta yang ada di dalam tubuh cumi. Setelah itu, lumuri cumi dengan garam dan merica secukupnya.

Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu, maizena, garam, merica, dan bawang putih bubuk. Aduk rata. Celupkan cumi ke dalam campuran tepung hingga seluruh permukaannya terlapisi dengan baik. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng cumi hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

2. Cumi Tumis Pedas

Jika kamu suka dengan makanan pedas, cumi tumis pedas adalah pilihan yang tepat. Masakan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan sensasi pedas dan gurih. Untuk membuat cumi tumis pedas, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti cumi segar, bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, saus tiram, dan kecap manis.

Pertama-tama, iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit tipis-tipis. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cumi yang telah dibersihkan ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit sesuai selera. Masak hingga cumi matang dan bumbu meresap. Terakhir, tambahkan saus tiram dan kecap manis. Aduk rata dan cumi tumis pedas siap disajikan!

3. Cumi Asam Manis

Cumi asam manis adalah salah satu hidangan yang populer di restoran Tionghoa. Rasa asam dan manis pada masakan ini memberikan sensasi yang unik di lidah. Untuk membuat cumi asam manis, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti cumi segar, bawang putih, bawang bombay, saus tomat, saus sambal, kecap manis, gula pasir, air jeruk nipis, dan air putih.

Pertama, potong cumi menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan cumi ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, gula pasir, air jeruk nipis, dan air putih. Aduk rata dan masak hingga cumi matang dan bumbu meresap. Cumi asam manis siap disajikan!

4. Cumi Kuah Pedas

Jika kamu penggemar masakan kuah pedas, cobalah membuat cumi kuah pedas. Masakan ini memiliki cita rasa pedas yang khas dan sangat menggugah selera. Untuk membuat cumi kuah pedas, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti cumi segar, bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, saus tomat, saus sambal, kaldu ayam, dan air.

Pertama, iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit tipis-tipis. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cumi ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit sesuai selera. Tuangkan saus tomat, saus sambal, kaldu ayam, dan air. Masak hingga cumi matang dan kuah mengental. Cumi kuah pedas siap disajikan!

5. Cumi Bakar

Terakhir, kita akan mencoba membuat cumi bakar yang lezat. Cumi bakar memiliki aroma yang menggugah selera dan memberikan sensasi tersendiri saat disantap. Untuk membuat cumi bakar, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti cumi segar, bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap manis, dan air jeruk nipis.

Pertama, bersihkan cumi dengan air bersih dan buang bagian kepala, mata, dan tinta yang ada di dalam tubuh cumi. Lumuri cumi dengan bawang putih cincang, bawang merah cincang, saus tiram, kecap manis, dan air jeruk nipis. Diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap. Siapkan panggangan atau wajan anti lengket, panggang cumi hingga matang dan berwarna kecokelatan. Cumi bakar siap disajikan!

Itulah beberapa resep aneka masakan cumi yang lezat dan menggugah selera. Kamu dapat mencoba salah satu atau bahkan semua resep di atas untuk memuaskan lidahmu yang doyan dengan cumi. Jangan lupa untuk mengatur porsi dan menyesuaikan bumbu sesuai dengan selera masing-masing. Selamat mencoba dan menikmati aneka masakan cumi yang lezat!

By Saputra