resep masakan udang

Hello Sobat Info Negeri!

Kali ini kita akan membahas tentang resep masakan udang yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan udang? Hewan laut yang satu ini memang memiliki cita rasa yang istimewa dan bisa disajikan dalam berbagai macam olahan yang lezat. Nah, bagi kalian yang suka masak dan ingin mencoba variasi masakan dengan bahan utama udang, yuk simak resep-resep berikut ini.

1. Udang Goreng TepungSiapa yang bisa menolak kelezatan udang yang digoreng dengan tepung? Udang goreng tepung merupakan salah satu hidangan yang paling digemari oleh banyak orang. Cara membuatnya pun cukup sederhana. Pertama, bersihkan udang dengan air bersih dan buang kepala serta kulitnya. Kemudian, marinasi udang dengan sedikit garam dan merica. Setelah itu, celupkan udang ke dalam adonan tepung terigu yang telah dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih bubuk, garam, dan merica. Goreng udang dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Sajikan udang goreng tepung dengan saus mayones atau saus sambal sebagai pelengkap.

2. Udang Saus PadangSaatnya mencoba masakan udang dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Udang saus Padang adalah salah satu varian masakan yang cocok bagi pecinta makanan pedas. Untuk membuatnya, pertama-tama, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Setelah bumbu harum, tambahkan udang yang telah dibersihkan dan diiris sedikit di punggungnya. Aduk rata hingga udang berubah warna. Tambahkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, dan garam sesuai selera. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Udang saus Padang siap disajikan dengan nasi putih hangat.

3. Udang BakarUdang bakar adalah hidangan yang cocok untuk acara makan malam bersama keluarga atau teman-teman. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, buang kepala dan kulit udang, tetapi jangan sampai ekornya terlepas. Tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri hingga harum. Kemudian, tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, merica, dan sedikit air. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Setelah itu, oleskan bumbu pada udang dan biarkan meresap selama 10-15 menit. Panggang udang di atas bara api hingga matang dan berubah warna. Sajikan udang bakar dengan nasi hangat dan sambal kecap sebagai pelengkap.

4. Udang Asam ManisUdang asam manis adalah hidangan yang memiliki perpaduan rasa segar, asam, dan manis yang menggugah selera. Untuk membuatnya, pertama-tama, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian, tambahkan paprika hijau dan merah yang telah diiris tipis. Setelah itu, masukkan udang yang telah dibersihkan dan diiris sedikit di punggungnya. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus tiram, gula, garam, merica, dan sedikit air. Aduk rata dan masak hingga udang matang dan bumbu meresap. Sajikan udang asam manis dengan nasi putih hangat.

5. Udang Rica-RicaMengintip dari negeri Manado, kali ini kita akan mencoba resep udang rica-rica yang pedas dan enak. Tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, dan tomat yang telah diiris. Setelah itu, tambahkan udang yang telah dibersihkan dan diiris sedikit di punggungnya. Beri garam, gula, kaldu bubuk, dan air secukupnya. Masak hingga udang matang dan bumbu meresap. Udang rica-rica siap disajikan dengan nasi panas.

Itulah beberapa resep masakan udang yang bisa kalian coba di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menambah variasi hidangan di meja makan kalian. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat berbahan dasar udang!

Salam hangat,

[Your Name]