• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak ati ampela balado

BySaputra

Sep 15, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Anda semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah resep yang lezat dan menggugah selera, yaitu “cara masak ati ampela balado”. Siapa yang tidak suka dengan olahan ati ampela yang pedas dan nikmat? Yuk, simak artikel ini sampai selesai dan mari kita mulai memasak!

Ati ampela merupakan bagian yang sering kali diabaikan dari ayam, tetapi sebenarnya memiliki rasa yang unik dan kaya akan nutrisi. Dalam masakan balado, ati ampela akan menjadi bahan utama yang diolah dengan bumbu pedas yang menggoda selera. Tidak hanya enak, tetapi ati ampela juga kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh kita.

Untuk mengawali resep ini, tentu kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 500 gram ati ampela ayam, bersihkan dan potong-potong sesuai selera- 5 buah cabai merah besar, iris tipis- 5 buah cabai rawit, iris halus (sesuai selera)- 3 siung bawang putih, cincang halus- 5 buah bawang merah, cincang halus- 2 buah tomat merah, potong dadu kecil- 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya- 1 batang serai, geprek- 1 cm lengkuas, iris tipis- 1 sendok makan air asam jawa- 1 sendok teh gula merah, serut- Garam secukupnya- Minyak goreng untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa langsung memasak ati ampela balado ini. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum dan berubah warna.

Selanjutnya, masukkan potongan ati ampela ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Tambahkan air asam jawa, gula merah, dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik. Masak ati ampela dengan api sedang hingga empuk dan meresap dengan bumbu selama sekitar 20-30 menit.

Setelah ati ampela matang, masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar hingga tomat sedikit layu. Pastikan untuk tidak terlalu lama memasak tomat agar tekstur dan rasa segar tetap terjaga.

Setelah semua bahan matang, ati ampela balado siap disajikan! Anda bisa menghidangkan hidangan ini selagi hangat dengan nasi putih hangat juga. Jangan lupa, tambahkan sedikit taburan bawang goreng sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa.

Selain nikmat dan lezat, ati ampela balado ini juga akan membuat makan siang atau malam Anda semakin berkesan. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi di lain waktu. Selain itu, ati ampela juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Namun, perlu diingat bahwa masakan ini mungkin terlalu pedas bagi beberapa orang, jadi disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika Anda tidak terlalu suka pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai rawit atau menggantinya dengan cabai hijau yang lebih tidak pedas.

Demikianlah artikel mengenai cara masak ati ampela balado. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang sedang mencari variasi resep masakan yang enak dan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Terima kasih telah membaca artikel ini.

By Saputra