• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak kentang balado

BySaputra

Aug 11, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu masakan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera, yaitu “cara masak kentang balado”. Siapa di antara kalian yang suka dengan masakan pedas? Nah, kentang balado adalah salah satu masakan yang cocok untuk kalian yang menyukai makanan pedas. Yuk, simak cara membuatnya!

Sebelum kita mulai, kita perlu mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kentang balado:

1. Kentang (500 gram), kupas dan potong dadu2. Bawang merah (5 siung), iris tipis3. Bawang putih (3 siung), cincang halus4. Cabai merah besar (5 buah), iris serong5. Cabai merah kecil (10 buah), iris serong6. Tomat (2 buah), potong dadu7. Gula (1 sendok teh)8. Garam (1 sendok teh)9. Kaldu ayam (1 sendok teh)10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus kentang. Rebus kentang dalam air mendidih selama sekitar 10-15 menit atau hingga kentang menjadi empuk. Setelah itu, tiriskan kentang dan biarkan dingin.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Kemudian, masukkan cabai merah besar dan cabai merah kecil. Tumis hingga cabai layu dan mengeluarkan aroma yang sedap.

Setelah itu, masukkan kentang yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan baik. Tambahkan gula, garam, dan kaldu ayam. Aduk kembali hingga semua bumbu meresap ke dalam kentang.

Selanjutnya, masukkan tomat yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan. Aduk kembali sebentar hingga tomat sedikit layu. Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

Kentang balado siap disajikan! Tampilannya yang menggoda dengan warna merah cabai yang menggiurkan pasti membuat kalian tidak sabar untuk mencobanya. Kentang balado bisa disantap sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Dijamin, sensasi pedas dan gurih dari kentang balado akan memanjakan lidah kalian.

Ternyata, membuat kentang balado tidaklah sulit, bukan? Dalam waktu kurang lebih 30 menit, kalian sudah bisa menikmati hidangan enak ini di rumah. Jika kalian ingin menambahkan varian rasa, kalian bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti daun jeruk, daun salam, atau serai saat menumis bumbu. Bahan-bahan tambahan ini akan memberikan aroma yang segar dan sedikit wangi pada kentang balado.

Namun, perlu diingat bahwa kentang balado ini memiliki rasa yang pedas. Jadi, jika kalian tidak terlalu suka pedas, kalian bisa mengurangi jumlah cabai sesuai dengan selera. Selain itu, jika kalian ingin menyesuaikan rasa pedas dengan lebih baik, kalian juga bisa menggunakan cabai rawit hijau sebagai pengganti cabai merah kecil.

Baiklah, Sobat Info Negeri, itulah cara masak kentang balado yang bisa kalian coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba masakan kentang balado sendiri. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bumbu dan rasa sesuai dengan selera kalian. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra