• Thu. Jul 18th, 2024

masak telur balado

BySaputra

Aug 1, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja dan siap untuk menyantap hidangan lezat yang akan kita bahas kali ini. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu “Masak Telur Balado”. Siapa yang tidak suka dengan telur yang digoreng dengan bumbu balado pedas yang menggoda selera? Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat telur balado yang lezat dan mengundang selera!

Telur balado adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari telur rebus yang digoreng dan disiram dengan saus pedas berbumbu khas. Rasanya yang pedas dan gurih membuat telur balado menjadi hidangan yang sangat populer di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, telur balado juga memiliki kandungan protein tinggi dari telur yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk membuat telur balado yang enak, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur balado antara lain:

1. Telur ayam (sesuai selera, biasanya 4-6 butir)2. Bawang merah (3-4 siung, iris tipis)3. Bawang putih (2-3 siung, iris tipis)4. Cabai merah besar (4-5 buah, iris serong)5. Cabai rawit (sesuai selera, iris serong)6. Tomat (1 buah, potong dadu kecil)7. Garam (secukupnya)8. Gula (secukupnya)9. Minyak goreng (secukupnya)

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita siap memasak telur balado. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, rebus telur dalam air mendidih selama sekitar 10-12 menit atau hingga matang. Setelah matang, kupas telur dan sisihkan.2. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng telur hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.3. Dalam wajan yang sama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.4. Tambahkan cabai merah besar dan cabai rawit, aduk rata.5. Masukkan tomat, garam, dan gula. Aduk merata dan masak hingga tomat menjadi lembut.6. Masukkan telur goreng ke dalam saus balado yang telah matang. Aduk rata hingga telur terbalut dengan saus merah pedas.7. Angkat dan sajikan telur balado dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap hidangan lainnya.

Selamat! Sekarang Sobat Info Negeri telah berhasil membuat telur balado yang lezat dan siap disantap. Hidangan ini cocok disajikan sebagai lauk pauk untuk makan siang atau malam. Rasanya yang pedas dan gurih pasti akan membuat siapa saja ketagihan.

Selain rasanya yang lezat, telur balado juga memiliki manfaat kesehatan. Telur merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Telur juga mengandung vitamin D, vitamin B12, dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tulang dan otot.

Namun, perlu diingat bahwa makanan pedas seperti telur balado mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau alergi terhadap cabai. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan ini dengan bijak dan sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

Demikianlah artikel tentang “Masak Telur Balado” yang santai ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba resep masakan baru. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini! Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

By Saputra