• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak telur balado

BySaputra

Aug 10, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Hari ini kita akan membahas tentang cara masak telur balado yang lezat dan menggugah selera. Telur balado merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggoda lidah. Siapa yang bisa menolak kelezatan hidangan ini? Yuk, simak cara pembuatannya dalam artikel ini!

Telur balado adalah hidangan yang terdiri dari telur rebus yang disajikan dengan bumbu balado yang pedas dan gurih. Bumbu balado terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan berbagai rempah-rempah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan ini. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai memasak telur balado yang lezat!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat telur balado ini tidak sulit didapatkan. Sobat Info Negeri hanya perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

– 6 buah telur- 5 cabai merah besar- 4 cabai rawit (sesuai selera)- 5 buah bawang merah- 3 siung bawang putih- 3 buah tomat- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh kaldu bubuk- Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus telur hingga matang. Setelah matang, kupas telur dan sisihkan sementara. Selanjutnya, haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau cobek. Jika menggunakan cobek, pastikan semua bahan terhalus dengan baik.

Panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan sebelumnya hingga harum dan berubah warna menjadi merah kecoklatan. Tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu bubuk sesuai selera. Aduk rata dan biarkan bumbu matang sempurna.

Setelah bumbu matang, masukkan telur rebus yang telah dikupas ke dalam wajan. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam telur. Pastikan semua bagian telur terbalur bumbu dengan merata. Biarkan bumbu meresap selama beberapa menit hingga telur balado siap disajikan.

Telur balado yang lezat dan menggugah selera siap untuk dinikmati. Hidangan ini cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Jika Sobat Info Negeri menyukai rasa pedas yang ekstra, Anda dapat menambahkan cabai rawit sebagai hiasan saat penyajian.

Selain rasanya yang lezat, telur balado juga memiliki manfaat kesehatan. Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh kita. Telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B12, dan D. Jadi, dengan mengonsumsi hidangan ini, Anda dapat mendapatkan manfaat gizi yang baik untuk tubuh.

Itulah sobat, cara masak telur balado yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah. Jangan ragu untuk menambahkan variasi bahan sesuai dengan selera dan preferensi Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikian artikel tentang cara masak telur balado yang lezat dan menggugah selera. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri dalam memasak hidangan yang nikmat. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

By Saputra