resep bolu tape panggang 4 telur

Hello, sahabat pencinta kue! Kali ini saya ingin berbagi resep bolu tape panggang 4 telur yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang. Siapa yang tidak suka dengan aroma harum tape yang tercium ketika memasak kue bolu ini? Yup, pasti tidak ada yang tidak suka. Resep ini sangat mudah diikuti dan hasilnya pasti akan memuaskan. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai membuat bolu tape panggang 4 telur yang lezat ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bolu tape panggang 4 telur ini, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

Bahan-bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 200 gram
Minyak sayur 150 ml
Tape singkong 200 gram
Telur ayam 4 butir
Pewarna makanan kuning secukupnya
Baking powder 1 sdt
Vanilla bubuk secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat bolu tape panggang 4 telur

Setelah bahan-bahan tersedia, selanjutnya adalah cara membuat bolu tape panggang 4 telur. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega dan tepung terigu. Sisihkan.

2. Siapkan wadah dan campurkan telur, gula pasir, garam, dan pewarna makanan kuning. Mixer bahan-bahan tersebut dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang dan berwarna kuning pucat.

3. Masukkan tape singkong yang sudah dihaluskan dan aduk rata dengan menggunakan spatula.

4. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan vanilla bubuk. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung.

5. Terakhir, masukkan minyak sayur sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata.

6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi. Pukul-pukul loyang beberapa kali agar adonan merata dan tidak ada gelembung udara.

7. Panaskan oven terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit. Kemudian panggang adonan bolu dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 45-60 menit hingga matang. Jangan lupa untuk melakukan tes tusuk untuk memastikan kue sudah matang dengan sempurna.

8. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dipotong-potong dan disajikan.

Tips dan Trik

1. Tambahkan baking powder secara bertahap dan aduk rata setiap kali ditambahkan. Hal ini akan membuat adonan kue lebih kental dan tidak terlalu runny.

2. Jangan terlalu sering membuka oven ketika kue sedang dipanggang. Hal ini dapat menyebabkan kue menjadi kering dan tidak lembut.

3. Untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum, lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, tandanya kue sudah matang sempurna.

4. Tambahkan sedikit garam ke dalam adonan kue untuk memberikan rasa yang lebih enak dan seimbang pada kue.

Kesimpulan

Nah, itu dia resep bolu tape panggang 4 telur yang pasti akan membuat Anda ketagihan. Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat membuat kue bolu tape yang lezat di rumah sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!