• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Membuat Putu Ayu yang Enak dan Lezat

BySaputra

Oct 12, 2023

Hello, teman-teman pembaca yang sedang mencari cara membuat putu ayu yang enak dan lezat. Di artikel ini, saya akan membahas langkah-langkah membuat putu ayu yang mudah dan praktis untuk diikuti. Putu ayu adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah. Yuk, simak pembahasannya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat putu ayu, pastikan kita telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan Utama
250 gram tepung ketan 150 ml air matang
100 gram kelapa parut kasar 1/2 sendok teh garam
150 gram gula merah, serut 200 ml air matang
1 sendok teh air kapur sirih Minyak goreng secukupnya
Bahan Pelengkap
Daun pisang secukupnya Sejumput kelapa parut kasar untuk taburan

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan adonan putu ayu.

Cara Membuat Adonan Putu Ayu

1. Campurkan tepung ketan dengan air matang dan aduk rata sampai adonan kalis. Diamkan selama 1 jam.2. Setelah 1 jam, tambahkan garam ke dalam adonan dan aduk rata. Sisihkan.3. Panaskan kelapa parut kasar di atas wajan tanpa minyak dan aduk terus hingga kelapa matang.4. Selanjutnya, campurkan gula merah serut dan air matang dalam panci dan masak hingga gula larut dan menjadi sirup. Tambahkan air kapur sirih agar sirup tidak mengkristal.5. Tambahkan kelapa parut yang telah matang ke dalam sirup gula dan aduk rata. Sisihkan.

Cara Membuat Putu Ayu

1. Ambil sejumput adonan ketan dan pipihkan di atas daun pisang yang sudah dipotong berbentuk kotak kecil.2. Tambahkan sejumput campuran kelapa dan gula merah di atas adonan ketan.3. Tutup dengan sejumput adonan ketan lagi dan rapatkan. Lakukan hingga adonan habis.4. Kukus putu ayu selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang.5. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan taburan kelapa parut kasar di atasnya.

Catatan

Untuk membuat putu ayu berwarna-warni, dapat ditambahkan pewarna alami seperti daun pandan atau suji ke dalam adonan ketan.

Kesimpulan

Membuat putu ayu sendiri di rumah ternyata mudah dan praktis, kan? Kita bisa menikmati putu ayu yang enak dan lezat kapan saja tanpa harus membeli di luar. Selamat mencoba, teman-teman!

By Saputra