• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Membuat Putu yang Enak dan Gurih

BySaputra

Sep 24, 2023

Kenalan dengan Putu

Hello, pembaca yang budiman, apa kabar? Nama saya Dita, dan saya ingin berbagi dengan Anda tentang cara membuat putu. Putu merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal di Indonesia. Putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air, lalu dibentuk seperti tabung kecil dan dikukus. Putu biasanya disajikan bersama kelapa parut dan gula merah. Rasanya manis, gurih, dan kenyal. Kalau belum pernah mencoba putu, Anda harus mencobanya!

Siapkan Bahan-bahannya

Untuk membuat putu, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Yang pertama adalah tepung ketan, sekitar 500 gram. Kemudian, Anda juga membutuhkan air secukupnya, kelapa parut dan gula merah. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa alat seperti kukusan, cetakan putu, dan wadah untuk menampung putu.

Proses Pembuatan Putu

Langkah pertama dalam membuat putu adalah mencampurkan tepung ketan dengan air sampai adonan tercampur rata. Kemudian, adonan tersebut dibentuk menjadi tabung kecil dengan menggunakan cetakan putu. Setelah itu, tabung kecil tersebut dimasukkan ke dalam kukusan dan dikukus selama sekitar 10-15 menit sampai matang.Setelah putu matang, angkat dan dinginkan sejenak. Setelah itu, keluarkan putu dari cetakan dan letakkan di atas wadah. Kemudian, taburi putu dengan kelapa parut dan gula merah secukupnya. Putu siap disajikan!

Cara Menyajikan Putu

Untuk menyajikan putu, Anda bisa meletakkannya di atas piring atau wadah yang cukup besar. Kemudian, taburi putu dengan kelapa parut dan gula merah secukupnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit air gula merah untuk memberi rasa manis yang lebih kuat pada putu.

Keunikan Putu

Salah satu keunikan dari putu adalah teksturnya yang kenyal dan lembut. Selain itu, putu juga memiliki rasa manis dan gurih yang khas. Putu juga sering dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup yang lezat.

Variasi Putu

Selain putu tradisional yang biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah, Anda juga bisa membuat variasi putu dengan berbagai macam bahan pelengkap. Misalnya, Anda bisa membuat putu dengan isian kacang hijau atau coklat. Anda juga bisa menambahkan topping seperti susu kental manis atau saus coklat.

Tips Membuat Putu yang Lezat

Untuk membuat putu yang lezat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan adonan tepung ketan dan air tercampur rata sehingga putu tidak mudah pecah saat dibentuk. Kedua, jangan terlalu sering membuka tutup kukusan agar putu tidak rusak. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan gula merah dan kelapa parut secukupnya agar rasa putu menjadi lebih nikmat.

Catatan Akhir

Itulah beberapa tips dan cara membuat putu yang enak dan gurih. Putu memang menjadi salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat lezat dan mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan, saya yakin Anda bisa membuat putu yang sesuai dengan selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, putu merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat lezat dan mudah dibuat. Putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air, lalu dibentuk seperti tabung kecil dan dikukus. Putu biasanya disajikan bersama kelapa parut dan gula merah. Rasanya manis, gurih, dan kenyal. Kalau belum pernah mencoba putu, Anda harus mencobanya!

By Saputra