• Thu. Jul 18th, 2024

cara membuat kue putu sederhana

BySaputra

Oct 26, 2023

Judul: Cara Membuat Kue Putu Sederhana yang Enak dan LezatHalo teman-teman pembaca yang sedang mencari resep kue putu yang sederhana dan mudah dibuat! Kali ini saya akan berbagi tips dan trik bagaimana cara membuat kue putu yang enak dan lezat. Kue putu merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang cukup populer dan mudah ditemukan di pasar-pasar atau warung-warung kaki lima. Namun, jika kamu ingin mencoba membuat kue putu sendiri di rumah, tidak perlu khawatir karena prosesnya cukup mudah dan simpel.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue putu, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 500 gram
Gula merah, serut 250 gram
Air matang 300 ml
Garam 1/2 sendok teh
Kelapa parut, kukus 100 gram

Langkah-langkah Membuat Kue Putu

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah membuat kue putu. Berikut ini adalah cara membuat kue putu yang sederhana:1. Campurkan tepung ketan dengan garam, aduk rata.2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.3. Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat kecil atau sesuai selera.4. Jangan lupa sediakan cetakan putu yang telah dibungkus daun pisang.5. Masukkan bola ketan ke dalam cetakan, kemudian isi dengan serutan gula merah dan tutup dengan ketan lagi.6. Kukus kue putu selama 15-20 menit.7. Sementara menunggu kue putu matang, siapkan kelapa parut yang telah dikukus yang telah dicampur dengan sedikit garam.8. Setelah matang, keluarkan kue putu dari cetakan.9. Gulingkan kue putu ke dalam kelapa parut.10. Kue putu siap disajikan.

Tips dan Trik Membuat Kue Putu

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu perhatikan saat membuat kue putu:1. Gunakan tepung ketan yang berkualitas, agar kue putu lebih kenyal dan lembut.2. Jangan terlalu banyak menambahkan air saat mengaduk adonan tepung ketan.3. Saat menyiapkan daun pisang untuk membungkus cetakan putu, pastikan daun pisang dalam kondisi yang bersih dan tidak sobek.4. Jangan terlalu banyak mengisi adonan ketan dengan gula merah, agar kue putu tidak pecah saat dikukus.5. Jangan lupa kukus kue putu selama 15-20 menit hingga matang sempurna.

Kesimpulan

Membuat kue putu sederhana sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar. Dengan begitu, kamu akan bisa membuat kue putu yang enak dan lezat di rumah sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

By Saputra