Cara Buat Kembang Loyang: Resep dan Tips Praktis

Hello, teman-teman pembaca setia artikel saya! Kali ini, saya ingin berbagi tips tentang cara membuat kembang loyang. Kembang loyang merupakan salah satu jenis kue tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki bentuk yang unik dan rasanya sangat lezat. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat kue ini, simaklah artikel ini sampai akhir ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kembang loyang, pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa bahan yang kamu perlukan:

Bahan Utama Bahan Tambahan
50 gram tepung terigu 1 sendok makan air kapur sirih
50 gram tepung beras 1 butir telur
75 gram gula pasir 1/2 sendok teh pewarna makanan merah atau secukupnya
200 ml air suji pandan Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Adonan Kembang Loyang

Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kembang loyang. Berikut ini cara membuat adonan kembang loyang:

1. Campurkan semua bahan utama (tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan air suji pandan) dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tidak bergerindil.

2. Selanjutnya, tambahkan air kapur sirih pada adonan tersebut. Aduk rata hingga tidak bergerindil.

3. Masukkan telur ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Tambahkan pewarna makanan merah sesuai dengan selera. Aduk rata hingga warna merata.

5. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan benar-benar mengental.

Cara Menggoreng Kembang Loyang

Setelah adonan kembang loyang siap, maka saatnya untuk menggorengnya. Berikut ini cara menggoreng kembang loyang yang benar:

1. Panaskan minyak goreng dalam sebuah wajan. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum membentuk adonan menjadi kue.

2. Siapkan cetakan kembang loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng. Pastikan cetakan tidak terlalu penuh agar kembang loyang tidak melebar saat digoreng.

3. Ambil sendok adonan kembang loyang dan tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan tersebut.

4. Biarkan adonan mengembang selama kurang lebih 1-2 menit hingga matang atau berwarna kekuningan.

5. Setelah matang, angkat kembang loyang menggunakan tusuk gigi atau garpu. Tiriskan kembang loyang hingga minyaknya benar-benar terkuras.

6. Ulangi proses yang sama hingga adonan kembang loyang habis.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat kembang loyang yang bisa kamu coba di rumah. Resep ini sangat praktis dan mudah untuk diikuti. Selain itu, kembang loyang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau makanan ringan untuk keluarga. Jangan lupa mencoba resep ini ya, selamat mencoba!