cara membuat roti nastar

Hello semua, terima kasih sudah berkunjung ke artikel saya kali ini. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat roti nastar yang enak dan lezat. Roti nastar adalah salah satu kue khas Indonesia yang terkenal dengan isian selai nanas yang manis dan legit. Yuk, kita simak cara membuat roti nastar di bawah ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 500 gram
Gula halus 250 gram
Mentega 250 gram
Kuning telur 6 butir
Vanili 1 sendok teh
Keju parut 100 gram
Maizena 50 gram
Tepung maizena 150 gram
Nanas parut 400 gram
Santan kental 200 ml
Garam 1/2 sendok teh
Gula pasir 150 gram
Cengkeh 3 buah
Kayu manis 1 batang
Air jeruk nipis 1 sendok teh
Kuning telur untuk olesan 1 butir

Langkah pertama dalam membuat roti nastar adalah mencampurkan tepung terigu, gula halus, mentega, kuning telur, dan vanili dalam sebuah wadah besar. Aduk rata dengan menggunakan mixer atau dengan tangan sampai tercampur sempurna.

Tambahkan keju parut dan maizena ke dalam campuran adonan, lalu aduk lagi sampai rata dan kalis.

Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola dan bungkus dengan plastik wrap. Simpan dalam kulkas selama 30 menit agar adonan tidak mudah meleleh saat diproses.

Kemudian, siapkan bahan untuk selai nanas. Campurkan nanas parut, santan kental, garam, gula pasir, cengkeh, kayu manis, dan air jeruk nipis dalam panci. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan mengental. Angkat dan dinginkan.

Setelah adonan roti nastar dan selai nanas siap, ambil adonan roti nastar dari kulkas. Bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil dan bentuk bulat. Pipihkan dengan rolling pin dan bentuk adonan dengan cetakan nastar sesuai selera. Oleskan kuning telur pada permukaan adonan.

Isi setiap adonan dengan selai nanas yang sudah dingin. Tutup dengan adonan yang lain dan rapatkan pinggirannya. Oleskan kuning telur pada permukaan adonan dan taburi dengan sedikit tepung maizena. Letakkan nastar dalam loyang yang sudah dioles mentega.

Langkah selanjutnya adalah memanggang nastar dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 170 derajat Celsius selama 30 menit atau sampai matang dan kecoklatan.

Setelah matang, angkat nastar dari oven dan biarkan dingin sejenak. Nastar siap dihidangkan untuk keluarga atau teman-teman sebagai camilan yang lezat dan menggugah selera.

Kesimpulan

Itulah cara membuat roti nastar yang enak dan lezat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu bisa mencoba membuat roti nastar sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga sukses!