kue kering nastar

Hello teman-teman pembaca setia! Kali ini, saya ingin membahas tentang salah satu kue kering yang paling populer di Indonesia, yaitu kue kering nastar. Siapa yang tidak kenal dengan kue yang satu ini? Biasanya, nastar sering dihidangkan pada acara-acara spesial seperti hari raya Idul Fitri dan Natal. Namun, saat ini nastar sudah dapat ditemukan dengan mudah di toko roti atau bakery. Yuk, kita bahas lebih dalam tentang kue kering nastar ini!

Sebelum membahas tentang nastar, ada baiknya kita mengetahui definisi dari kue kering itu sendiri. Kue kering adalah makanan ringan yang biasanya disajikan bersamaan dengan minuman kopi atau teh. Bentuk kue kering bermacam-macam, mulai dari bentuk bulat, kotak, segitiga, hingga bentuk unik lainnya. Kue kering biasanya memiliki rasa manis dan berbahan dasar tepung terigu, gula, telur, mentega, dan bahan-bahan lainnya yang dapat disesuaikan dengan resep kue yang digunakan.

Kembali ke nastar, kue ini memiliki bentuk bulat kecil dengan isian yang terbuat dari selai nanas yang manis dan sedikit asam. Bagian kulit atau dasar nastar sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, gula, dan kuning telur. Nastar juga biasanya ditaburi dengan taburan gula halus di bagian atasnya untuk memberikan rasa manis yang lebih maksimal.

Sejarah dari kue kering nastar ini sendiri masih menjadi misteri yang belum terpecahkan secara pasti. Namun, kabarnya nastar pertama kali dibuat oleh seorang ibu rumah tangga di Belanda pada abad ke-16. Kue nastar ini kemudian menyebar ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan kini menjadi salah satu kue kering yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia.

Untuk membuat kue kering nastar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, campurkan tepung terigu, gula halus, kuning telur, dan mentega dalam wadah. Aduk-aduk sampai adonan tercampur rata. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan berikan isian selai nanas di bagian tengahnya. Panggang nastar di dalam oven selama kurang lebih 20-30 menit atau sampai kue matang sempurna.

Bagi yang ingin mencoba membuat nastar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas agar kue nastar yang dihasilkan enak dan lezat. Kedua, perhatikan suhu dari oven saat memanggang nastar. Jangan sampai suhu terlalu tinggi atau rendah karena dapat mempengaruhi hasil akhir dari kue. Ketiga, jangan lupa tambahkan taburan gula halus di atas nastar setelah panggang agar rasanya lebih nikmat.

Bagi yang tidak memiliki waktu atau kesulitan dalam membuat nastar, Anda dapat dengan mudah membelinya di toko roti atau bakery. Biasanya, nastar dijual dalam kemasan yang praktis dan siap disajikan. Namun, Anda juga dapat mencari nastar yang dibuat oleh para pengrajin kue lokal untuk mendapatkan rasa yang lebih autentik.

Bahan-Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Gula halus 50 gram
Mentega 150 gram
Kuning telur 2 butir
Selai nanas secukupnya
Gula halus (untuk taburan) secukupnya

Penutup

Nah, itulah sedikit informasi tentang kue kering nastar. Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, nastar juga memiliki sejarah yang menarik dan menjadi bagian dari budaya makanan Indonesia. Bagi yang ingin mencoba membuat nastar sendiri, jangan lupa untuk memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dan cara pembuatannya yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Salam manis dari saya untuk Anda semua!