cara masak oncom yg enak

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan siap untuk mengeksplorasi dunia masakan Indonesia yang lezat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara masak oncom yang enak. Oncom, makanan tradisional dari Jawa Barat, adalah salah satu makanan yang memiliki rasa unik dan khas. Mari kita simak bersama resep yang akan membuat lidah kalian bergoyang!

Awalnya, mari kita pelajari sedikit tentang apa itu oncom. Oncom adalah makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi biji kedelai. Proses fermentasi ini memberikan cita rasa yang khas pada oncom. Biji kedelai yang difermentasi ini kemudian diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat seperti tumis oncom, sambal oncom, atau oncom goreng.

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut untuk membuat oncom yang enak:1. 250 gram oncom2. 2 sendok makan minyak goreng3. 3 siung bawang putih, cincang halus4. 2 buah cabai merah besar, iris tipis5. 1 buah tomat, potong dadu kecil6. 1 sendok teh garam7. 1/2 sendok teh gula8. 1/2 sendok teh kaldu bubuk9. 1 batang daun bawang, iris halus

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai memasak oncom yang enak ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.

2. Setelah itu, masukkan oncom ke dalam wajan. Aduk rata hingga oncom berwarna kecokelatan.

3. Tambahkan potongan tomat ke dalam wajan. Aduk rata dan masak sebentar hingga tomat sedikit lembut.

4. Kemudian, tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk ke dalam adonan oncom. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam oncom.

5. Terakhir, masukkan daun bawang ke dalam wajan. Aduk sebentar hingga daun bawang layu, lalu matikan api.

Nah, oncom yang enak siap disantap! Kamu bisa menikmatinya dengan nasi hangat dan lauk lainnya seperti ayam goreng atau tahu goreng. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas akan membuat makan siangmu semakin istimewa.

Selain tumis oncom, ada juga variasi lain dalam mengolah oncom yang bisa kamu coba. Misalnya, kamu bisa membuat sambal oncom yang pedas dan menggoda selera. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan oncom, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan garam menggunakan blender atau ulekan. Setelah itu, tumis bumbu halus ini dengan minyak goreng hingga harum. Sambal oncom siap dihidangkan!

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggoreng oncom sebagai camilan yang renyah. Cukup potong oncom menjadi dadu kecil-kecil, lalu goreng dengan minyak panas hingga kecokelatan. Sajikan oncom goreng ini dengan saus sambal atau kecap manis sebagai pelengkapnya.

Dengan begitu banyak variasi dalam mengolah oncom, kamu bisa menikmati makanan tradisional yang enak dan bergizi ini dalam berbagai macam hidangan. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan resep sesuai dengan selera kamu sendiri.

Demikianlah artikel tentang cara masak oncom yang enak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua yang ingin mencoba masakan tradisional yang lezat ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan oncom yang enak!