cara masak oncom leunca

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak oncom leunca yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih di antara kita yang tidak menyukai masakan yang mengandung oncom? Bumbunya yang khas dan rasa gurihnya membuat kita ketagihan. Nah, kali ini kita akan mencoba memasak oncom leunca dengan tambahan bahan-bahan yang segar dan tentunya membuat hidangan ini semakin enak. Yuk, simak cara masak oncom leunca berikut ini!

Sebelum memulai proses memasak, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu oncom leunca. Oncom leunca merupakan hidangan khas Sunda yang terbuat dari oncom yang dicampur dengan daun leunca. Oncom sendiri adalah salah satu makanan yang terbuat dari bungkil kedelai yang difermentasi oleh kapang khas. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat oncom sering dijadikan bahan makanan dalam berbagai hidangan tradisional di Indonesia.

Untuk membuat oncom leunca, kita akan membutuhkan beberapa bahan, antara lain:

1. Oncom secukupnya2. Daun leunca segar secukupnya3. Bawang merah 4 siung, iris tipis4. Bawang putih 3 siung, iris tipis5. Cabai merah besar 2 buah, iris serong6. Cabai rawit 5 buah, iris serong (jika suka pedas)7. Daun jeruk 2 lembar8. Air asam jawa secukupnya9. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah-langkah dalam memasak oncom leunca adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama, bersihkan daun leunca dengan air bersih. Pastikan daun leunca yang digunakan dalam keadaan segar dan tidak layu. Iris daun leunca menjadi potongan-potongan kecil dan sisihkan.2. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna kekuningan. Tambahkan cabai merah besar dan cabai rawit (jika suka pedas) ke dalam tumisan bawang. Aduk rata dan masak hingga layu.3. Masukkan oncom ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna. Tambahkan air asam jawa secukupnya untuk memberikan rasa segar pada hidangan. Aduk kembali hingga bumbu meresap dan oncom matang.4. Terakhir, masukkan potongan-potongan daun leunca dan daun jeruk ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga daun leunca layu dan bumbu meresap ke dalamnya.5. Angkat oncom leunca dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Hidangan oncom leunca siap untuk dinikmati!

Oncom leunca yang lezat dan menggugah selera ini dapat disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat. Rasa gurih dari oncom yang dipadukan dengan aroma segar dari daun leunca akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan keluarga.

Selain itu, oncom leunca juga dapat dijadikan sebagai pelengkap hidangan sayur atau sebagai bahan tambahan dalam tumisan atau capcay. Kreativitas dalam mengolah hidangan dengan oncom leunca ini sangatlah luas. Kalian dapat menambahkan berbagai bahan lainnya sesuai dengan selera dan keinginan, seperti tempe, tahu, atau sayuran favorit lainnya.

Tidak hanya menggugah selera, oncom leunca juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Oncom mengandung protein nabati yang tinggi, asam amino esensial, serat, dan juga enzim yang bermanfaat bagi pencernaan. Daun leunca sendiri mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Bagaimana, Sobat Info Negeri? Tertarik untuk mencoba memasak oncom leunca yang lezat dan sehat ini? Yuk, segera coba resep di atas dan nikmati hidangan istimewa ini bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati!