masak oncom

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja ya. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak oncom. Oncom merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas. Jika biasanya oncom hanya digunakan sebagai pelengkap makanan, kali ini kita akan mencoba menggunakan oncom sebagai bahan utama dalam hidangan yang lezat. Siapkan diri kalian dan mari kita mulai memasak oncom yang enak dan lezat!

Sebelum kita masuk ke resepnya, mari kita bahas sedikit mengenai oncom. Oncom adalah makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai atau biji jagung. Proses fermentasi inilah yang memberikan rasa khas pada oncom. Oncom memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih. Selain itu, oncom juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, serat, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Pertama-tama, kita akan memulai dengan resep “Oncom Goreng”. Oncom goreng adalah hidangan yang cukup sederhana namun memiliki rasa yang lezat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat oncom goreng antara lain oncom yang telah dipotong-potong, minyak goreng, bawang putih yang telah dihaluskan, daun jeruk, garam, dan merica.

Langkah pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih yang telah dihaluskan dan daun jeruk. Tumis hingga harum. Kemudian, masukkan potongan oncom ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera. Goreng oncom hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan oncom goreng. Oncom goreng siap disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping nasi hangat.

Selanjutnya, kita akan mencoba membuat “Tumis Oncom”. Tumis oncom merupakan hidangan yang sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis oncom antara lain oncom yang telah dipotong-potong, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, teri medan, gula, garam, dan air matang.

Langkah pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah, cabai hijau, dan teri medan ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis hingga teri medan matang. Selanjutnya, masukkan potongan oncom ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai dengan selera. Tuangkan air matang secukupnya dan masak hingga oncom matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan tumis oncom dengan nasi putih hangat.

Terakhir, kita akan mencoba resep “Pecel Oncom”. Pecel oncom adalah hidangan yang sangat cocok untuk para pecinta makanan pedas. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pecel oncom antara lain oncom yang telah dipotong-potong, daun kencur, daun jeruk, air matang, gula, garam, cabai rawit, cabai merah, kacang tanah yang telah digoreng, dan air asam jawa.

Langkah pertama, blender cabai rawit, cabai merah, daun kencur, dan air asam jawa hingga halus. Tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai dengan selera. Panaskan air matang dalam wajan. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga bumbu matang. Setelah itu, masukkan oncom ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga oncom matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan pecel oncom dengan taburan kacang tanah yang digoreng.

Itulah tadi beberapa resep masakan dengan menggunakan oncom sebagai bahan utamanya. Oncom sangatlah fleksibel dan dapat kita olah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Jika Sobat Info Negeri ingin mencoba variasi lainnya, kalian juga bisa mencoba membuat “Oncom Bakar” atau “Oncom Sambal”. Selamat mencoba dan semoga hidangan yang kalian buat menjadi lezat dan menggugah selera. Selamat memasak, Sobat Info Negeri!