cara memasak oncom kering

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak oncom kering yang lezat dan gurih. Oncom kering adalah salah satu bahan makanan tradisional Indonesia yang digemari banyak orang. Oncom kering memiliki cita rasa yang khas dan dapat diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Nah, jika kamu penasaran dan ingin tahu bagaimana cara memasak oncom kering yang enak, yuk simak artikel ini sampai habis!

Sebelum kita mulai memasak, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu oncom kering. Oncom kering terbuat dari ampas tahu fermentasi yang diolah dengan proses fermentasi menggunakan kapang Rhizopus oligosporus. Proses fermentasi inilah yang membuat oncom kering memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Oncom kering biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan seperti pecel, nasi goreng, atau sayur asem.

Untuk memasak oncom kering, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:1. Oncom kering secukupnya2. Bawang putih secukupnya, diiris halus3. Bawang merah secukupnya, diiris halus4. Cabai merah secukupnya, diiris serong5. Gula secukupnya6. Garam secukupnya7. Minyak goreng secukupnya8. Air matang secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita siap memasak oncom kering. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum. Pastikan cabai merah sudah terlihat layu dan bawang-bawang sudah berubah warna menjadi kecokelatan.

Selanjutnya, masukkan oncom kering yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu tumis hingga tercampur merata. Tambahkan sedikit gula dan garam sesuai dengan selera. Sebaiknya, tambahkan sedikit gula terlebih dahulu agar rasa oncom kering tidak terlalu asin.

Setelah itu, tuangkan air matang ke dalam wajan. Gunakan sedikit air terlebih dahulu agar oncom kering tidak terlalu kering dan lebih mudah untuk diolah. Aduk rata dan biarkan mendidih dengan api kecil. Tunggu hingga air matang meresap dan oncom kering terlihat lebih lembut.

Setelah air matang meresap, aduk adonan oncom kering secara perlahan hingga air matang benar-benar mengering dan oncom kering terlihat sedikit menggumpal. Pastikan teksturnya tidak terlalu kering dan tetap kenyal. Jika diinginkan, kamu bisa menambahkan sedikit minyak goreng agar oncom kering lebih lezat.

Setelah proses memasak selesai, matikan api dan oncom kering siap disajikan. Kamu bisa mencicipinya langsung sebagai lauk pendamping nasi hangat atau menggunakannya sebagai bumbu pelengkap dalam masakan lainnya. Oncom kering memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, membuat masakanmu semakin lezat.

Selain digunakan sebagai bumbu pelengkap, oncom kering juga bisa diolah menjadi hidangan utama yang lezat. Misalnya, kamu bisa membuat tumis oncom kering dengan sayuran segar seperti kangkung, taoge, atau kacang panjang. Atau kamu juga bisa membuat sambal oncom kering yang pedas dan nikmat. Oncom kering juga bisa dijadikan topping untuk mie ayam atau capcay. Kreativitas dalam mengolah oncom kering tidak terbatas!

Demikianlah artikel tentang cara memasak oncom kering yang lezat dan gurih. Oncom kering merupakan bahan makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa khas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menciptakan masakan yang lezat dengan oncom kering sebagai bumbu pelengkapnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!