cara memasak oncom

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara memasak oncom, makanan lezat khas Indonesia yang kerap menjadi favorit banyak orang. Oncom adalah sejenis makanan fermentasi yang terbuat dari biji-bijian seperti kedelai, kacang tanah, atau jagung. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang unik membuat oncom sering digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam berbagai masakan Indonesia. Yuk, kita simak cara memasak oncom yang lezat berikut ini!

Pertama-tama, sebelum memasak oncom, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak oncom antara lain oncom segar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit (jika suka pedas), daun jeruk, daun salam, gula merah, garam, dan minyak goreng secukupnya. Jangan lupa juga menyiapkan alat-alat seperti panci, wajan, dan spatula.

Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan oncom. Bersihkan oncom dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih menempel. Potong-potong oncom menjadi ukuran kecil agar lebih mudah saat dimasak.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, aduk-aduk hingga cabai layu dan harum. Jika kamu tidak suka rasa pedas, kamu bisa menghilangkan cabai rawit saat menumis.

Setelah tumisan bumbu harum, masukkan oncom yang sudah dipotong ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan biarkan oncom matang sempurna. Saat memasak oncom, pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar agar oncom tidak gosong. Aduk secara teratur untuk menghindari oncom yang lengket di wajan.

Setelah oncom matang, tambahkan gula merah dan garam sesuai dengan selera. Gula merah akan memberikan rasa manis yang khas pada oncom, sedangkan garam akan memberikan rasa gurih yang lezat. Aduk rata dan pastikan bumbunya meresap sempurna ke dalam oncom.

Setelah semua bumbu tercampur rata, cicipi oncom yang sudah matang. Jika belum sesuai dengan selera, kamu bisa menambahkan gula merah, garam, atau bumbu lainnya sesuai dengan keinginan. Jangan takut untuk bereksperimen dengan tambahan bumbu sesuai dengan selera pribadi.

Setelah oncom matang dan bumbu meresap dengan baik, angkat oncom dari wajan dan sajikan dengan hidangan lainnya. Oncom yang sudah matang bisa dijadikan sebagai bumbu pelengkap dalam nasi goreng, pecel, atau sambal terasi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat oncom goreng sebagai camilan yang lezat.

Itulah cara memasak oncom yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Oncom menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki rasa gurih yang menggugah selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam memasak oncom! Jangan lupa berbagi dengan teman dan keluarga untuk menikmati hidangan lezat ini bersama-sama. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri!