Cara Membuat Makanan dari Tepung Terigu

Hello, Teman-teman pecinta masakan! Kali ini kita akan membahas cara membuat makanan dari tepung terigu. Sebagai bahan dasar yang umum digunakan dalam masakan Indonesia, tepung terigu dapat kita olah menjadi berbagai macam makanan yang lezat dan bergizi. Yuk, simak cara membuatnya!

1. Roti

Roti adalah salah satu makanan yang paling sering kita temukan di sekitar kita. Roti terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bahan lain seperti ragi, gula, garam, dan air. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan, lalu mengaduk hingga kalis. Setelah itu, diamkan adonan selama 1 jam, lalu bentuk sesuai keinginan dan panggang di dalam oven.

2. Cake

Cake adalah makanan yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Cake terbuat dari tepung terigu, gula, telur, mentega, susu, dan bahan lain yang dapat ditambahkan sesuai selera. Untuk membuat cake, kita perlu mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu mengaduk hingga tercampur dengan baik. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan taburi tepung terigu, lalu panggang selama 30-40 menit.

3. Pancake

Pancake adalah makanan yang berasal dari Amerika Serikat. Pancake terbuat dari tepung terigu, telur, susu, dan mentega. Cara membuat pancake cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu mangkuk, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, panaskan wajan dengan sedikit mentega, tuangkan adonan ke dalam wajan, dan masak hingga matang.

4. Martabak

Martabak adalah makanan yang biasa kita temukan di pasar malam atau pusat kuliner. Martabak terbuat dari tepung terigu, telur, daging, sayuran, dan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuat martabak cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam wajan yang sudah diolesi minyak, dan masak hingga matang.

5. Risoles

Risoles adalah makanan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan adonan tepung terigu, daging cincang, sayuran, dan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuat risoles cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, letakkan adonan tepung terigu di atas kulit lumpia, lalu gulung dan goreng hingga matang.

6. Pastel

Pastel adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging cincang, sayuran, dan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuat pastel cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, letakkan adonan tepung terigu di atas loyang, lalu tambahkan isian daging dan sayuran di atasnya. Lipat loyang dan oven selama 30-40 menit.

7. Donat

Donat adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan mentega. Cara membuat donat cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, diamkan adonan selama 1 jam, lalu bentuk sesuai keinginan dan goreng hingga matang.

8. Bakso

Bakso adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan tepung terigu. Cara membuat bakso cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan daging sapi yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, bentuk adonan bakso sesuai dengan selera, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.

9. Mie

Mie adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan air. Cara membuat mie cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, letakkan adonan mie di atas loyang, lalu potong-potong dan rebus dalam air mendidih hingga matang.

10. Kue Dadar Gulung

Kue dadar gulung adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan kelapa parut dan gula merah. Cara membuat kue dadar gulung cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, panaskan wajan dengan sedikit minyak, tuangkan adonan di atas wajan, lalu tambahkan isian kelapa parut dan gula merah di atasnya. Gulung adonan dan sajikan.

11. Pie

Pie adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan buah-buahan atau daging. Cara membuat pie cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, letakkan adonan di atas loyang, lalu tambahkan isian buah-buahan atau daging di atasnya. Lipat loyang dan oven selama 30-40 menit.

12. Cireng

Cireng adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan bahan-bahan seperti tahu dan daging. Cara membuat cireng cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, bentuk adonan cireng sesuai dengan selera, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang.

13. Bakpao

Bakpao adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging, sayuran, atau kacang. Cara membuat bakpao cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, letakkan adonan di atas loyang, lalu tambahkan isian daging, sayuran, atau kacang di atasnya. Bentuk adonan bakpao dan kukus selama 15-20 menit.

14. Pudding

Pudding adalah makanan penutup yang terbuat dari susu, telur, gula, dan tepung terigu. Cara membuat pudding cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang dan oven selama 30-40 menit.

15. Krupuk

Krupuk adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, udang, atau ikan. Cara membuat krupuk cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, bentuk adonan krupuk sesuai dengan selera, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang.

16. Brownies

Brownies adalah makanan penutup yang terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, telur, dan cokelat. Cara membuat brownies cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang dan oven selama 30-40 menit.

17. Empek-empek

Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung terigu, ikan, dan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuat empek-empek cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, bentuk adonan empek-empek sesuai dengan selera, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.

18. Klepon

Klepon adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah dan kelapa parut. Cara membuat klepon cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, bentuk adonan klepon sesuai dengan selera, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.

19. Onde-onde

Onde-onde adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau dan gula merah. Cara membuat onde-onde cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, bentuk adonan onde-onde sesuai dengan selera, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang.

20. Siomay

Siomay adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, ikan, udang, daging, sayuran, dan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuat siomay cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, bentuk adonan siomay sesuai dengan selera, lalu kukus selama 15-20 menit.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuat makanan dari tepung terigu yang dapat Anda coba di rumah. Selain enak, makanan dari tepung terigu juga mengandung nutrisi yang bergizi untuk tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat makanan dari tepung terigu di rumah ya!