• Thu. Jul 18th, 2024

Resep Roti Bolu Panggang yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

BySaputra

Sep 30, 2023

Roti Bolu Panggang, Kudapan Favorit Keluarga

Hello, pembaca setia! Apakah kamu suka memasak? Atau mungkin sedang mencari resep baru untuk dicoba di dapur? Jika iya, kamu tepat berada di artikel yang tepat! Kali ini, kita akan membahas tentang resep roti bolu panggang yang mudah dibuat dan pastinya enak. Roti bolu panggang memang menjadi salah satu kudapan favorit keluarga. Rasanya yang manis dan lembut membuat roti bolu panggang cocok untuk dinikmati bersama teh atau kopi di sore hari. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat roti bolu panggang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan Utama Jumlah
Tepung Terigu 250 gram
Gula Pasir 150 gram
Telur Ayam 3 butir
Mentega Cair 100 gram
Baking Powder 1 sendok teh
Pewarna Makanan (opsional) Sesuai selera

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga perlu menyiapkan loyang roti bolu panggang yang sudah diolesi margarin atau mentega sehingga adonan tidak lengket pada loyang.

Cara Membuat Roti Bolu Panggang

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat roti bolu panggang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan mangkuk besar. Campurkan telur dan gula pasir. Kocok dengan mixer hingga adonan mengembang dan berwarna putih kekuningan.

2. Tambahkan tepung terigu dan baking powder. Aduk dengan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah hingga rata.

3. Tambahkan mentega cair sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Jika kamu ingin memberikan warna pada roti bolu panggang, kamu bisa menambahkan pewarna makanan pada adonan.

4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin atau mentega. Pastikan adonan terdistribusi dengan merata pada loyang.

5. Panaskan oven pada suhu 180°C selama 10 menit. Setelah oven panas, panggang adonan roti bolu selama 30-40 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

6. Setelah matang, keluarkan roti bolu panggang dari oven dan dinginkan sebentar. Lepaskan roti bolu panggang dari loyang dan potong-potong sesuai selera.

Tips dan Trik Membuat Roti Bolu Panggang yang Enak

Agar roti bolu panggang yang kamu buat tetap lembut dan enak, berikut adalah tips dan trik yang perlu kamu perhatikan:

1. Pastikan semua bahan sudah tersedia dan dalam keadaan segar.

2. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga adonan mengembang dan berwarna putih kekuningan agar roti bolu panggang lebih lembut.

3. Gunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang untuk menghasilkan tekstur yang enak dan lembut pada roti bolu panggang.

4. Jangan terlalu sering membuka oven saat roti bolu panggang dipanggang agar tidak mengganggu proses pemanggangan dan merusak tekstur roti bolu panggang.

Kesimpulan

Roti bolu panggang memang menjadi salah satu kudapan favorit keluarga. Tidak hanya enak dan lembut, roti bolu panggang juga mudah dibuat di rumah. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, kamu bisa membuat roti bolu panggang yang lezat dan tentunya cocok untuk dinikmati bersama keluarga di waktu santai. Selamat mencoba!

By Saputra