masak ikan bawal

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sebuah resep yang pastinya akan membuat lidah kalian bergoyang. Yup, kita akan membahas tentang cara memasak ikan bawal yang lezat dan menggugah selera. Siap-siap ya, Sobat Info Negeri, untuk mengeksplorasi dunia masak-memasak yang nikmat ini!

Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki daging yang lembut dan enak. Ikan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti mengandung protein tinggi, vitamin, dan mineral. Selain itu, ikan bawal juga rendah lemak sehingga cocok bagi kalian yang sedang menjalani program diet sehat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba resep masakan ikan bawal yang lezat ini, bukan?

Pertama-tama, tentu saja kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk memasak ikan bawal, kita membutuhkan bawal segar seberat sekitar 500 gram, bawang putih sebanyak 4 siung yang telah dihaluskan, jahe sebesar ibu jari yang telah diiris tipis-tipis, 2 sdm kecap manis, 2 sdm saus tiram, garam secukupnya, dan minyak goreng untuk menggoreng ikan. Jika semua bahan sudah tersedia, mari kita mulai memasak!

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ikan bawal dengan air mengalir. Setelah itu, lumuri ikan dengan garam dan diamkan selama sekitar 15 menit agar ikan lebih meresap bumbu. Setelah itu, bilas ikan dengan air bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng ikan bawal hingga kecokelatan dan matang. Angkat ikan bawal dan tiriskan minyaknya.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di wajan baru dan tumis bawang putih dan jahe yang telah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, tambahkan kecap manis dan saus tiram ke dalam tumisan bawang putih dan jahe. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

Setelah itu, masukkan ikan bawal yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata hingga ikan terbalut dengan bumbu. Pastikan semua sisi ikan terlapisi bumbu yang lezat ini.

Selanjutnya, tambahkan sedikit air ke dalam wajan dan biarkan ikan bawal matang dengan sempurna. Jika kalian ingin ikan bawal berkuah, kalian bisa menambahkan air secukupnya sesuai selera. Tapi jika kalian ingin ikan bawal lebih kering, kalian tidak perlu menambahkan air.

Terakhir, cicipi masakan ikan bawal yang lezat ini dan tambahkan garam jika diperlukan. Jika sudah sesuai dengan selera, angkat ikan bawal dari wajan dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Mmm…sungguh nikmat dan menggugah selera, bukan? Ikan bawal yang lembut dipadu dengan bumbu yang kaya rasa membuat masakan ini cocok dijadikan hidangan istimewa untuk keluarga tercinta. Selain itu, masakan ikan bawal ini juga cocok disajikan saat acara-acara spesial, seperti perayaan kelahiran atau tahun baru.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah resep masakan ikan bawal yang lezat dan menggugah selera. Selain mudah dibuat, masakan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba memasak ikan bawal ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!