resep masak ikan mujair

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi dengan kalian sebuah resep masakan yang lezat dan populer, yaitu resep masak ikan mujair.

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sering kita temui di pasar atau supermarket. Ikan ini memiliki daging yang lezat dan tekstur yang kenyal, sehingga cocok untuk diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Salah satu cara mengolah ikan mujair yang paling umum dan lezat adalah dengan cara digoreng.

Berikut ini adalah resep masak ikan mujair yang dapat kalian coba di rumah:

Bahan-bahan:- 4 ekor ikan mujair segar, cuci bersih- 2 sendok makan air jeruk nipis- 1 sendok teh garam- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu halus:- 5 siung bawang merah- 3 siung bawang putih- 2 buah cabai merah (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)- 1 ruas jahe- 1 ruas lengkuas- 3 cm kunyit- 1 sendok teh ketumbar

Cara membuat:1. Pertama-tama, lumuri ikan mujair dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ikan.2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.3. Goreng ikan mujair hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.4. Di wajan yang sama, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.5. Masukkan ikan mujair yang telah digoreng ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu tumis.6. Tambahkan sedikit air secukupnya agar bumbu meresap ke dalam ikan.7. Masak ikan mujair dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah sedikit mengental. Angkat dan sajikan.

Ikan mujair yang telah diolah dengan resep di atas kini siap untuk disantap. Sajikan ikan ini sebagai hidangan utama di meja makan bersama nasi putih hangat dan sayur-sayuran pelengkap seperti tumis kangkung atau sayur asem. Rasakan kelezatan ikan mujair yang gurih dan pedas ini saat masih hangat.

Tidak hanya enak, ikan mujair juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Ikan ini mengandung protein tinggi, asam lemak omega-3, vitamin D, dan berbagai mineral penting seperti kalsium dan fosfor. Mengkonsumsi ikan mujair secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung.

Selain digoreng, ikan mujair juga dapat diolah dengan berbagai cara lainnya seperti dikukus, dibakar, atau diolah menjadi sup. Kalian dapat bereksperimen dengan berbagai resep masakan ikan mujair sesuai dengan selera dan keinginan kalian.

Demikianlah resep masak ikan mujair yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga resep ini dapat menjadi referensi untuk kalian yang ingin mencoba mengolah ikan mujair di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri!