• Sun. Jul 14th, 2024

resep masak ikan mas

BySaputra

Dec 11, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak ikan mas yang lezat dan menggugah selera. Ikan mas, salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia, memiliki daging yang lembut dan cita rasa yang khas. Nah, jika Sobat Info Negeri ingin mencoba resep masak ikan mas yang berbeda dan menarik, yuk simak artikel berikut ini!

Sebelum kita masuk ke dalam resep yang pastinya membuat lidah Sobat Info Negeri bergoyang, ada baiknya kita mengetahui sedikit informasi tentang ikan mas. Ikan mas merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ikan ini dikenal dengan warna kekuningan pada sisiknya, serta bentuk tubuh yang agak memanjang. Selain itu, ikan mas juga dikenal dengan dagingnya yang rendah lemak dan banyak mengandung protein.

Oke, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah resep masak ikan mas yang dapat Sobat Info Negeri coba di rumah:

Bahan-bahan yang diperlukan:1. 1 ekor ikan mas ukuran sedang2. 2 batang serai, memarkan3. 4 lembar daun jeruk purut4. 4 lembar daun salam5. 3 cm lengkuas, memarkan6. 5 siung bawang merah, iris tipis7. 3 siung bawang putih, iris tipis8. 5 buah cabai merah, iris serong9. 2 buah tomat, potong-potong10. 1 sendok makan kecap manis11. 1 sendok makan saus tiram12. Garam secukupnya13. Merica secukupnya14. Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah memasak ikan mas yang enak:1. Pertama-tama, bersihkan ikan mas dengan air bersih. Kemudian, lumuri ikan dengan garam dan merica secukupnya. Diamkan sejenak agar bumbu meresap.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Goreng ikan mas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.3. Dalam wajan yang sama, tumis bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk purut, daun salam, dan lengkuas hingga harum.4. Masukkan cabai merah dan tomat ke dalam tumisan. Aduk rata hingga cabai dan tomat layu.5. Selanjutnya, masukkan kecap manis dan saus tiram ke dalam tumisan. Aduk rata.6. Masukkan ikan mas yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga ikan terbalut dengan bumbu. Biarkan selama beberapa menit agar bumbu meresap.7. Setelah itu, tuang air secukupnya ke dalam wajan. Tutup wajan dan masak ikan mas hingga kuahnya mengental dan bumbu meresap sempurna.8. Angkat ikan mas yang telah matang. Sajikan dalam piring saji dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Nah, itulah resep masak ikan mas yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Ikan mas yang lezat dan menggugah selera ini pastinya akan membuat acara makan bersama keluarga semakin spesial. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

Dengan demikian, kita telah menyelesaikan artikel mengenai resep masak ikan mas yang santai ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Info Negeri dalam memasak hidangan yang enak dan lezat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya! Tetaplah menikmati berbagai kuliner Indonesia yang lezat dan nikmat, Sobat Info Negeri.

By Saputra