masak cumi asam manis

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan menggoda selera, yaitu “masak cumi asam manis”. Siapa sih yang tidak suka cumi? Makanan laut yang satu ini memang memiliki rasa yang enak dan tekstur yang kenyal. Ketika disajikan dengan bumbu asam manis yang segar, rasanya semakin luar biasa. Jadi, jangan lewatkan artikel ini ya, Sobat Info Negeri!

Cumi adalah salah satu makanan laut yang populer di Indonesia. Biasanya, cumi digunakan sebagai bahan untuk membuat hidangan seperti cumi goreng tepung atau cumi saus tiram. Namun, kali ini kita akan mencoba masak cumi dengan bumbu asam manis yang pastinya akan menggoyang lidahmu.

Sebelum memulai masak cumi asam manis, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang akan kita gunakan:

– 500 gram cumi segar- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 2 buah cabai merah besar, potong serong- 2 buah cabai hijau besar, potong serong- 3 sendok makan saus tomat- 2 sendok makan saus sambal- 2 sendok makan saus tiram- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan gula pasir- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk- 1 sendok teh maizena, larutkan dengan sedikit air

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan cumi. Bersihkan cumi dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Selanjutnya, potong cumi menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk menghilangkan bagian bekas pena cumi agar tidak mengganggu saat makan nanti.

Setelah cumi bersih, panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang bombay, cabai merah, dan cabai hijau hingga harum. Masukkan cumi kedalam wajan dan aduk-aduk hingga warnanya berubah menjadi putih.

Setelah cumi berubah warna, tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, kecap manis, gula pasir, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur sempurna dengan cumi. Pastikan semua bumbu meresap ke dalam daging cumi agar rasanya maksimal.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan dan masak hingga cumi matang. Setelah cumi matang, masukkan larutan maizena yang sudah kita siapkan sebelumnya. Aduk rata dan masak hingga saus mengental. Jangan lupa untuk mencicipi rasa masakanmu. Tambahkan gula, garam, atau merica sesuai dengan selera.

Setelah saus mengental, matikan api dan masakan cumi asam manis siap disajikan. Kamu dapat menyajikannya dengan nasi putih hangat atau mie goreng. Tambahkan sedikit irisan daun bawang atau seledri sebagai hiasan agar tampilannya semakin menarik.

Nah, itulah resep sederhana untuk masak cumi asam manis. Hidangan ini cocok untuk kamu yang menyukai makanan laut dengan rasa yang segar dan sedikit pedas. Selain itu, masakan ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan keluarga atau acara makan malam bersama teman-teman.

Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah, ya, Sobat Info Negeri. Rasakan sensasi kenyalnya cumi yang dipadu dengan bumbu asam manis yang menggoda selera. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang berguna bagi kamu dalam menciptakan hidangan yang lezat. Selamat mencoba dan selamat menikmati masakan cumi asam manis!