• Thu. Jul 18th, 2024

olahan cumi ala restoran

BySaputra

Dec 6, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai olahan cumi ala restoran yang dapat kalian coba di rumah. Siapa yang tidak suka dengan cumi? Makanan laut yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal. Apalagi jika diolah dengan sentuhan ala restoran, pasti akan semakin menggugah selera makan kita. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lanjut tentang olahan cumi ala restoran yang bisa kita santap di rumah!

Salah satu olahan cumi ala restoran yang populer adalah cumi saus tiram. Cumi saus tiram memiliki rasa yang gurih dan manis, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai hidangan utama. Untuk membuat cumi saus tiram, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut: cumi segar, saus tiram, bawang putih, bawang bombay, saus cabai, gula, garam, bubuk merica, dan air secukupnya.

Langkah pertama dalam membuat cumi saus tiram adalah membersihkan cumi. Cuci cumi dengan air bersih dan buang bagian dalamnya. Setelah itu, iris cumi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sesuai dengan selera. Kemudian, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Setelah itu, masukkan cumi yang telah dipotong ke dalam wajan dan aduk hingga cumi berubah warna menjadi putih.

Selanjutnya, tambahkan saus tiram, saus cabai, gula, garam, dan bubuk merica ke dalam wajan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan sedikit air. Biarkan cumi meresap semua bumbu dan matang sempurna. Setelah itu, angkat dan hidangkan cumi saus tiram di atas piring saji. Cumi saus tiram siap disantap bersama dengan nasi putih hangat. Hmm… rasanya pasti enak sekali!

Selain cumi saus tiram, olahan cumi ala restoran lainnya yang layak untuk dicoba adalah cumi goreng tepung. Cumi goreng tepung memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Untuk membuat cumi goreng tepung, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut: cumi segar, tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, telur, garam, lada bubuk, dan minyak goreng secukupnya.

Pertama-tama, bersihkan cumi dengan air bersih dan potong-potong sesuai dengan selera. Kemudian, siapkan bahan adonan tepung dengan mencampurkan tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena dalam mangkuk. Tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya ke dalam adonan tepung. Aduk rata.

Selanjutnya, kocok telur dalam mangkuk terpisah. Celupkan potongan cumi ke dalam telur kocok, lalu gulingkan dalam adonan tepung hingga terbalut rata. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng cumi dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan crisp. Angkat dan tiriskan cumi goreng tepung pada tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Cumi goreng tepung siap disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai teman makan nasi hangat. Untuk memberikan sentuhan lebih pada cumi goreng tepung, kita bisa menambahkan saus sambal atau saus tomat di sampingnya. Dijamin, hidangan ini akan membuat lidah sobat semua bergoyang!

Selain itu, olahan cumi yang tak kalah lezat adalah cumi asam manis. Cumi asam manis memiliki rasa yang segar, asam, dan manis yang pas. Untuk membuat cumi asam manis, kita membutuhkan bahan-bahan berikut: cumi segar, bawang putih, bawang bombay, paprika merah, paprika hijau, saus tomat, saus cabai, cuka, gula, garam, dan air secukupnya.

Pertama-tama, bersihkan cumi dan potong sesuai selera. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan cumi ke dalam wajan dan aduk hingga cumi berubah warna menjadi putih. Selanjutnya, tambahkan paprika merah dan paprika hijau ke dalam wajan. Aduk rata.

Setelah itu, tambahkan saus tomat, saus cabai, cuka, gula, garam, dan air ke dalam wajan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Biarkan cumi meresap semua bumbu dan matang sempurna. Cumi asam manis siap disajikan sebagai hidangan utama bersama dengan nasi putih hangat. Mmm… rasanya pasti segar dan nikmat!

Itulah tiga jenis olahan cumi ala restoran yang dapat kalian coba di rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada Sobat Info Negeri untuk mencoba membuat olahan cumi yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra