cara memasak cumi cumi

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang cara memasak cumi-cumi. Cumi-cumi adalah salah satu jenis makanan laut yang lezat dan populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat banyak orang gemar mengonsumsinya. Namun, tidak semua orang tahu cara memasak cumi-cumi yang enak dan lezat. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips dan resep sederhana untuk memasak cumi-cumi yang lezat. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Sebelum kita memasak cumi-cumi, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kita membeli cumi-cumi yang segar. Cumi-cumi segar memiliki warna yang cerah dan kulit yang licin. Kedua, usahakan untuk membersihkan cumi-cumi secara menyeluruh. Kita bisa membersihkannya dengan membuang isi perut dan rongga tubuhnya, kemudian bilas dengan air bersih. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan tulang belakangnya agar tidak mengganggu saat memakannya nanti.

Setelah kita selesai dengan persiapan, kita bisa memulai proses memasak cumi-cumi. Salah satu cara yang sederhana dan enak adalah dengan membuat cumi-cumi goreng tepung. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan:- 500 gram cumi-cumi segar- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk- 1 sendok teh bubuk paprika- 1 sendok teh bubuk bawang putih- 1/2 sendok teh bubuk kunyit- 1 sendok teh air jeruk nipis- Tepung terigu secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Cara memasak:1. Pertama-tama, potong cumi-cumi menjadi potongan kecil sesuai selera.2. Campurkan garam, merica bubuk, bubuk paprika, bubuk bawang putih, bubuk kunyit, dan air jeruk nipis dalam satu wadah.3. Lumuri cumi-cumi dengan campuran bumbu yang telah dibuat, diamkan selama 15-20 menit agar bumbu meresap.4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.5. Gulingkan potongan cumi-cumi dalam tepung terigu hingga terbalut rata.6. Goreng cumi-cumi dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan renyah.7. Angkat dan tiriskan cumi-cumi goreng di atas kertas minyak agar minyak berlebih terserap.8. Sajikan cumi-cumi goreng tepung dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.

Itulah resep sederhana dalam membuat cumi-cumi goreng tepung. Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti, kita bisa menikmati hidangan yang lezat ini di rumah. Selain itu, kita juga bisa bereksperimen dengan bumbu dan cara memasak lainnya sesuai dengan selera.

Selain digoreng tepung, cumi-cumi juga bisa dimasak dengan cara yang lain. Salah satunya adalah dengan cara memasak cumi-cumi saus tiram. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan:- 500 gram cumi-cumi segar- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 sendok makan saus tiram- 1 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan kecap asin- 1 sendok teh gula pasir- 1/2 sendok teh merica bubuk- 1/2 sendok teh garam- 1 sendok teh minyak wijen- 1 batang daun bawang, iris tipis- 150 ml air- Minyak secukupnya untuk menumis

Cara memasak:1. Bersihkan cumi-cumi dan potong-potong sesuai selera.2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum.3. Masukkan cumi-cumi yang telah dipotong ke dalam wajan, aduk-aduk hingga cumi-cumi berubah warna.4. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, gula pasir, merica bubuk, dan garam. Aduk rata.5. Tuangkan air ke dalam wajan, masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap.6. Terakhir, tambahkan minyak wijen dan daun bawang, aduk sebentar.7. Angkat dan cumi-cumi saus tiram siap disajikan.

Itulah resep sederhana dalam membuat cumi-cumi saus tiram. Dengan bumbu yang terbilang sederhana, kita bisa menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Sajikan cumi-cumi saus tiram dengan nasi putih hangat sebagai pelengkap.

Selain dua resep di atas, masih banyak cara lainnya untuk memasak cumi-cumi sesuai dengan selera dan keinginan kita. Beberapa di antaranya adalah cumi-cumi saus padang, cumi-cumi asam manis, cumi-cumi goreng mentega, dan masih banyak lagi. Kita bisa bereksperimen dengan berbagai bumbu dan cara memasak untuk menciptakan variasi hidangan cumi-cumi yang berbeda setiap kali kita memasaknya.

Demikianlah artikel kami tentang cara memasak cumi-cumi yang lezat dan enak. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi Sobat Info Negeri. Selamat mencoba resep-resepnya di rumah dan selamat menikmati hidangan cumi-cumi yang lezat!