cumi asam pedas rumahan

Hello sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu hidangan favorit di Indonesia, yaitu cumi asam pedas rumahan. Siapa yang tidak kenal dengan hidangan yang satu ini? Rasanya yang pedas, asam, dan gurih membuat cumi asam pedas rumahan selalu menjadi pilihan utama di meja makan. Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui lebih lanjut tentang hidangan lezat ini.

Cumi asam pedas rumahan adalah salah satu hidangan yang populer di masyarakat Indonesia. Mulai dari restoran hingga warung makan, hampir selalu ada menu cumi asam pedas. Namun, tahukah kalian bahwa cumi asam pedas juga dapat dibuat dengan mudah di rumah? Tidak perlu khawatir, meski terlihat sulit, sebenarnya memasak cumi asam pedas rumahan tidaklah serumit yang kita bayangkan. Dengan sedikit usaha dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, kalian juga bisa menikmati hidangan lezat ini di rumah.

Untuk membuat cumi asam pedas rumahan, tentunya kita membutuhkan beberapa bahan dan rempah-rempah yang khas. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain adalah cumi segar yang sudah dibersihkan dengan baik, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk, daun kemangi, air asam jawa, gula, garam, dan minyak goreng. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera seperti tomat, wortel, atau jamur.

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bumbu untuk cumi asam pedas ini. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit yang sudah diiris tipis. Aduk hingga cabai layu dan bumbu tercampur dengan baik. Selanjutnya, masukkan cumi yang sudah dibersihkan ke dalam tumisan bumbu. Aduk merata hingga cumi terasa sedikit kenyal dan matang.

Setelah itu, tambahkan daun jeruk dan daun kemangi ke dalam tumisan cumi. Aduk kembali agar semua bahan tercampur dengan baik. Jangan lupa untuk menambahkan air asam jawa, gula, dan garam secukupnya untuk memberikan rasa asam pedas yang lezat. Biarkan cumi matang dan bumbu meresap selama beberapa saat.

Selagi menunggu cumi matang, kita bisa mulai menyiapkan nasi putih hangat di piring saji. Jika kalian menginginkan hidangan yang lebih lengkap, bisa menambahkan sayuran rebus seperti brokoli atau wortel di samping cumi asam pedas. Tidak lupa, sajikan cumi asam pedas dengan irisan tomat segar di atasnya untuk memberikan rasa segar yang lebih. Nikmati hidangan ini selagi masih hangat!

Cumi asam pedas rumahan ini cocok disantap saat makan siang atau makan malam. Rasanya yang pedas dan asam akan membuat selera makan semakin bertambah. Tak hanya itu, cumi asam pedas juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Cumi mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Selain itu, cabai merah juga mengandung capsaicin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah, sobat Info Negeri, itulah beberapa informasi mengenai cumi asam pedas rumahan. Sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi jika ingin menikmati hidangan lezat ini di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian sudah bisa menyiapkan cumi asam pedas yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!