apem panggang

Hello teman-teman, kali ini saya akan membahas tentang makanan khas Indonesia yang tidak hanya lezat, tetapi juga sangat populer di berbagai acara, yaitu apem panggang. Apem panggang adalah sejenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa yang dipanggang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, serta aromanya yang khas. Apem panggang biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Yuk, mari kita pelajari lebih dalam tentang apem panggang!

Sejarah apem panggang sudah sangat lama dan berasal dari Jawa Tengah. Konon, kue ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8. Pada awalnya, apem panggang dibuat untuk acara ritual atau upacara adat. Namun, seiring perkembangan zaman, kue ini semakin populer dan bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat apem panggang tergolong sederhana dan mudah didapatkan. Selain tepung ketan dan gula kelapa, bahan lainnya adalah santan, ragi, garam, dan air. Proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan waktu yang cukup lama karena adonan harus didiamkan selama beberapa jam.

Untuk membuat apem panggang yang lezat, adonannya harus diuleni dengan baik dan diberi waktu untuk mengembang. Setelah itu, adonan dipotong-potong dan dibentuk bulat. Kemudian, bulatan adonan dipanggang dalam oven atau tungku dengan suhu yang cukup tinggi selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah matang, apem panggang disajikan dengan taburan kelapa parut atau serutan keju. Makanan ini sangat cocok disantap saat masih hangat.

Ada beberapa variasi dari apem panggang yang bisa kita temukan di Indonesia. Salah satunya adalah apem bakar. Bedanya dengan apem panggang biasa adalah cara pembuatannya. Apem bakar dipanggang di atas arang hingga matang dengan aroma yang lebih kuat dan khas. Selain itu, ada juga apem panggang isi kacang atau tape yang mempunyai rasa manis dan legit.

Apem panggang biasanya dijual di pasar tradisional atau pedagang kaki lima dengan harga yang terjangkau. Kue ini juga menjadi salah satu makanan wajib saat momen-momen tertentu seperti Lebaran, pernikahan, dan acara keluarga lainnya. Selain itu, beberapa restoran juga menyajikan apem panggang sebagai hidangan penutup.

Resep Apem Panggang
Bahan:
– 300 gram tepung ketan
– 200 ml santan kental
– 100 gram gula kelapa
– 1/2 sendok teh ragi instan
– 1/4 sendok teh garam
– Air secukupnya
Cara membuat:
1. Campurkan tepung ketan, gula kelapa dan garam.
2. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
3. Tambahkan ragi instan, aduk rata.
4. Diamkan adonan selama kurang lebih 3-4 jam.
5. Setelah adonan mengembang, bentuk bulat dan panggang dalam oven atau tungku selama 20-30 menit.
6. Apem panggang siap disajikan dengan taburan kelapa parut atau serutan keju.

Nah, itulah informasi mengenai apem panggang. Makanan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu ini mempunyai banyak varian dan menjadi makanan khas yang sangat populer di seluruh Indonesia. Mari nikmati kelezatannya dan jangan lupa untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah!

Kesimpulan

Apem panggang adalah sejenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa yang dipanggang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, serta aromanya yang khas. Apem panggang biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Variasi dari apem panggang seperti apem bakar dan apem panggang isi juga sangat populer. Makanan ini menjadi salah satu makanan wajib saat momen-momen tertentu seperti Lebaran, pernikahan, dan acara keluarga lainnya. Selain itu, beberapa restoran juga menyajikan apem panggang sebagai hidangan penutup.