resep roti ketawa

Hello teman-teman pembaca yang semuanya, di artikel kali ini saya akan memberikan resep roti ketawa yang lezat dan cocok untuk disantap kapan saja. Roti ketawa merupakan salah satu jenis roti yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuat roti ini menjadi favorit banyak orang. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu protein tinggi 500 gram
Telur ayam 2 butir
Gula pasir 100 gram
Margarin 100 gram
Ragi instan 1 sendok makan
Air matang 250 ml
Garam 1 sendok teh
Keju parut 50 gram

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti ketawa. Pastikan semua bahan sudah diukur dengan tepat agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, ayak tepung terigu dan gula pasir ke dalam mangkuk besar.

Selanjutnya, larutkan ragi instan ke dalam air matang dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, tambahkan telur, margarin, dan garam ke dalam campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata menggunakan mixer atau tangan sampai semua bahan tercampur dengan baik.

Kemudian, tuangkan larutan ragi instan ke dalam campuran adonan tepung terigu dan aduk lagi sampai rata. Setelah itu, uleni adonan sampai kalis dan elastis. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam agar mengembang dengan sempurna.

Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bagian yang sama besar. Ambil satu bagian adonan dan pipihkan hingga rata. Beri taburan keju parut di tengah roti yang sudah dipipihkan dan tutup dengan cara melipat seperti amplop.

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, letakkan roti ketawa yang sudah dibentuk tadi di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Panggang roti selama kurang lebih 20-25 menit atau sampai warnanya kecokelatan dan matang sempurna.

Roti ketawa siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Rasanya yang gurih dan sedikit manis pasti akan membuat Anda ketagihan dan ingin membuatnya lagi. Selamat mencoba!

Kesimpulan:

Roti ketawa merupakan salah satu jenis roti yang cukup populer di Indonesia. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu protein tinggi, telur ayam, gula pasir, margarin, ragi instan, air matang, garam, dan keju parut. Dalam membuat roti ketawa, pastikan semua bahan sudah diukur dengan tepat agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Selamat mencoba!