Resep Kue Tradisional Kukus yang Mudah dan Lezat

Hello teman-teman pembaca setia, kali ini saya ingin berbagi resep kue tradisional yang sangat lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Kue tradisional kukus memang selalu menjadi primadona di setiap acara. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan cara membuat yang mudah, kue ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang di rumah. Yuk, langsung saja simak resep kue tradisional kukus berikut ini!

1. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah salah satu jenis kue tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Kue ini biasanya terbuat dari tepung beras, santan, gula pasir, dan pewarna makanan. Cara membuatnya pun cukup sederhana, yaitu dengan mencampur semua bahan dan mengukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Kue lumpur ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

2. Kue Lapis

Kue lapis atau kue lapis legit adalah salah satu kue tradisional yang paling populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung kanji, telur, santan, gula pasir, dan pewarna makanan. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan mencampur semua bahan dan mengukus adonan bergantian hingga adonan habis. Kue lapis ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis legit.

Kue Lapis Kukus Kue Lapis Legit

3. Klepon

Klepon adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Jawa. Kue ini terbuat dari ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan ketan, air daun pandan, dan pewarna makanan hingga adonan kalis. Setelah itu, adonan dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah. Kemudian kue diukus selama kurang lebih 10-15 menit hingga matang. Klepon ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis dari gula merah di dalamnya.

4. Putu Ayu

Putu ayu adalah salah satu kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, telur, santan, dan gula pasir. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampur semua bahan dan mengukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Setelah matang, kue diberi topping kelapa parut dan gula merah yang sudah dicairkan. Putu ayu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis.

Putu Ayu Topping Kelapa Parut

5. Serabi

Serabi adalah salah satu kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan, gula pasir, dan daun pandan. Kue ini biasanya disajikan dengan gula merah cair atau kinca. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampur semua bahan dan mengukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Serabi ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis.

Kesimpulan

Itulah resep kue tradisional kukus yang bisa Anda coba di rumah. Semua kue ini sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Selain itu, bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar terdekat. Anda bisa mencoba membuatnya untuk camilan atau hidangan penutup di acara keluarga. Selamat mencoba!