resep masak udang asam manis

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, yaitu “Resep Masak Udang Asam Manis”. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Udang yang digoreng dengan balutan saus asam manis yang khas, siapa yang bisa menolaknya? Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, yuk simak resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat udang asam manis ini sangatlah sederhana dan mudah ditemukan di pasaran. Kalian hanya membutuhkan udang segar sebanyak 500 gram, bawang putih yang telah dihaluskan sebanyak 4 siung, saus tomat sebanyak 3 sendok makan, saus cabai sebanyak 2 sendok makan, gula pasir sebanyak 2 sendok makan, garam secukupnya, minyak goreng secukupnya untuk menggoreng udang, dan air matang sebanyak 100 ml.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membersihkan udang dengan baik. Kupas udang hingga bersih, tetapi biarkan bagian ekornya tetap utuh. Setelah itu, cuci udang dengan air mengalir untuk memastikan bahwa udang benar-benar bersih dari kotoran. Tiriskan udang selama beberapa saat hingga airnya benar-benar tiris.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng udang hingga berubah warna menjadi merah keemasan dan matang. Angkat udang dan tiriskan minyaknya. Setelah menggoreng udang, simpan udang yang telah digoreng di wadah terpisah.

Selanjutnya, dalam wajan yang sama, tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, tambahkan saus tomat dan saus cabai ke dalam tumisan bawang putih. Aduk rata hingga bumbu-bumbu tercampur sempurna. Setelah itu, tambahkan gula pasir, garam, dan air matang ke dalam tumisan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Setelah bumbu tercampur rata, masukkan udang yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua udang terbalut oleh saus asam manis. Masak udang dalam saus selama beberapa menit hingga saus meresap sempurna ke dalam daging udang.

Udang asam manis siap disajikan! Hidangan ini cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat. Udang yang renyah dengan saus asam manis yang lezat akan memanjakan lidah kalian. Nikmati sensasi perpaduan rasa asam dan manis yang menggugah selera.

Tentunya, hidangan ini bisa menjadi menu yang sempurna untuk makan malam bersama keluarga tercinta. Rasanya yang lezat dan aroma yang menggoda akan membuat seluruh keluarga tak sabar untuk menyantapnya. Selain itu, hidangan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk acara kumpul bersama teman-teman. Pasti semua orang akan terkesan dengan kelezatan hidangan yang satu ini.

Nah, itulah resep masak udang asam manis yang bisa kalian coba di rumah. Selain mudah dalam pembuatannya, hidangan ini juga sangat cocok untuk semua kalangan. Baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa, semua pasti akan menyukai udang asam manis yang lezat ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang telah kalian buat!