cara memasak udang asam manis

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang resep yang lezat dan menggugah selera, yaitu cara memasak udang asam manis. Siapa yang tidak suka udang? Makanan laut yang satu ini memang memiliki cita rasa yang khas dan bisa diolah menjadi beragam hidangan yang lezat.

Udang asam manis adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Kombinasi antara rasa asam dan manis yang khas membuat hidangan ini begitu menggugah selera dan sempurna untuk disantap dengan nasi putih hangat. Nah, jika kalian penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk kita simak!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat udang asam manis tidaklah sulit didapatkan. Kalian hanya perlu menyiapkan:

1. 500 gram udang, kupas kulitnya dan belah punggungnya2. 2 sendok makan kecap manis3. 2 sendok makan saus tomat4. 1 sendok makan saus cabai5. 1 sendok makan saus tiram6. 1 sendok makan air jeruk nipis7. 1 sendok makan gula pasir8. 1 sendok teh garam9. 2 siung bawang putih, cincang halus10. 1 buah bawang bombay, iris tipis11. 1 buah paprika merah, iris tipis12. 1 buah paprika hijau, iris tipis13. 2 sendok makan minyak goreng

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai memasak udang asam manis yang lezat ini. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang bombay, paprika merah, dan paprika hijau hingga harum dan layu.

Selanjutnya, masukkan udang yang telah dikupas ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga udang berubah warna menjadi merah kekuningan. Angkat udang dan sisihkan sejenak.

Di wajan yang sama, campurkan kecap manis, saus tomat, saus cabai, saus tiram, air jeruk nipis, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna. Kemudian, masukkan kembali udang yang telah disisihkan tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga bumbu terbalut rata pada udang.

Masak udang dengan api kecil selama 2-3 menit atau hingga udang matang sempurna dan bumbu meresap dengan baik. Pastikan jangan terlalu lama memasak udang agar tidak overcook dan teksturnya tetap kenyal.

Setelah itu, hidangan udang asam manis siap disajikan. Tata udang dalam piring saji dan beri hiasan irisan paprika merah dan hijau di atasnya. Udang asam manis siap dinikmati dengan nasi putih hangat.

Selain rasanya yang lezat, udang asam manis juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Udang mengandung protein tinggi yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Selain itu, udang juga kaya akan kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan darah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi udang haruslah dalam batas yang wajar. Bagi mereka yang memiliki alergi makanan laut atau masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi udang.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah cara memasak udang asam manis yang lezat dan menggugah selera. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!