bumbu sambal goreng tahu tempe kecap

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu baik dan sehat ya. Kali ini, saya akan berbagi dengan kalian mengenai resep sambal goreng tahu tempe kecap yang lezat dan mudah untuk disajikan di rumah. Bagi pecinta makanan pedas, sambal goreng tahu tempe kecap pasti menjadi salah satu hidangan favorit. Tidak hanya enak, tapi juga mudah untuk dibuat. Yuk, simak resepnya!

Sambal goreng tahu tempe kecap adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang populer dan sering ditemui di berbagai daerah. Hidangan ini terdiri dari tahu dan tempe yang digoreng dengan bumbu sambal pedas dan kecap manis. Kombinasi antara rasa pedas dan manis membuat hidangan ini begitu lezat dan menggugah selera.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal goreng tahu tempe kecap ini cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Tahu putih secukupnya2. Tempe secukupnya3. Bawang merah 5 siung4. Bawang putih 3 siung5. Cabai merah keriting 5 buah6. Cabai rawit merah 10 buah7. Tomat 1 buah (opsional)8. Kecap manis 2 sendok makan9. Gula pasir 1 sendok teh10. Garam secukupnya11. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tahu dan tempe

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama-tama, tahu dan tempe dipotong-potong sesuai dengan selera dan kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan. Jangan lupa tambahkan sedikit garam pada tahu dan tempe sebelum digoreng agar rasanya lebih gurih.

Selanjutnya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah dihaluskan menggunakan blender atau ulekan. Jika suka, Anda juga bisa menambahkan tomat yang sudah diiris ke dalam bumbu halus untuk memberikan rasa segar pada sambal goreng ini.

Panaskan sedikit minyak goreng di wajan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Tambahkan sedikit gula pasir untuk memberikan rasa manis pada sambal. Setelah itu, masukkan tahu dan tempe yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata agar semua bahan tercampur dengan bumbu.

Terakhir, tuangkan kecap manis ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan sedikit garam jika dirasa perlu. Biarkan sambal goreng tahu tempe kecap tercampur dengan bumbu selama beberapa menit agar rasa lebih meresap. Matikan api dan sambal goreng tahu tempe kecap siap disajikan.

Untuk menyajikan sambal goreng tahu tempe kecap, Anda bisa menatanya di atas piring saji dan menghiasnya dengan potongan daun bawang atau daun seledri untuk memberikan aroma segar. Hidangan ini cocok disantap bersama nasi hangat atau sebagai lauk pendamping ketika makan bersama keluarga.

Nah, itulah resep sambal goreng tahu tempe kecap yang lezat dan mudah untuk dibuat. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan cara pembuatan yang cukup simpel, Anda bisa mencoba membuat hidangan ini di rumah. Selain dapat dinikmati sebagai hidangan sehari-hari, sambal goreng tahu tempe kecap juga bisa menjadi alternatif menu saat Anda sedang ingin memanjakan lidah dengan cita rasa pedas dan manis.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep sambal goreng tahu tempe kecap ini ya, Sobat Info Negeri! Selamat mencoba dan semoga berhasil. Selamat menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!