resep kue buroncong

Judul Utama: Resep Kue Buroncong yang Enak dan Mudah Dibuat di RumahHello teman-teman pembaca setia saya! Hari ini saya akan membahas tentang resep kue buroncong yang enak dan mudah dibuat di rumah. Bagi yang belum pernah mencicipi kue ini, buroncong adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa. Kue ini memiliki rasa yang manis dan kenyal sehingga cocok dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Nah, langsung saja simak resepnya di bawah ini ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kue Buroncong

Sebelum memulai membuat kue buroncong, ada baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram tepung ketan 300 ml air pandan
250 gram gula kelapa 1/2 sendok teh garam
1 lembar daun pandan Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Buroncong yang Enak dan Kenyal

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kita bisa langsung memulai membuat kue buroncong. Berikut ini adalah cara membuatnya:1. Campurkan tepung ketan, air pandan, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.2. Potong-potong daun pandan dan masukkan ke dalam adonan. Aduk kembali hingga daun pandan tercampur rata dengan adonan.3. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar aroma daun pandan meresap ke dalam adonan.4. Panaskan wajan datar dan olesi dengan sedikit minyak.5. Ambil satu sendok adonan dan bentuk bulat-bulat kecil. Taruh bulatan kue buroncong pada wajan yang sudah dipanaskan tadi.6. Panggang kue buroncong di atas wajan dengan api kecil hingga matang. Balik kue buroncong setiap 30 detik agar matang merata di kedua sisi.7. Setelah matang, angkat kue buroncong dan sajikan dengan taburan gula kelapa di atasnya.

Tips agar Kue Buroncong Tidak Keras dan Tetap Kenyal

Supaya kue buroncong yang kita buat tetap empuk dan kenyal, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba:- Gunakan tepung ketan yang berkualitas bagus agar kue tidak keras.- Jangan terlalu sering membolak-balik kue ketika sedang dipanggang di atas wajan agar kue tidak pecah dan tetap kenyal.- Kue buroncong yang matang sebaiknya langsung disimpan dalam wadah tertutup agar tetap empuk.

Kesimpulan

Nah, itulah resep kue buroncong yang enak dan mudah dibuat di rumah. Dengan menyiapkan bahan-bahan yang tepat serta mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan baik, kita bisa membuat kue buroncong yang kenyal dan lezat. Selamat mencoba!