resep bumbu rujak ikan

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep bumbu rujak ikan yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan rujak ikan? Makanan tradisional Indonesia yang satu ini memang sangat terkenal dan menjadi favorit banyak orang. Rujak ikan memiliki citarasa yang khas dan segar, terutama dengan bumbu-bumbu yang digunakan. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:1. 500 gram ikan tenggiri segar2. 1 buah mangga muda yang masih keras3. 1 buah nanas kecil4. 1 ikat kacang panjang5. 2 buah timun6. 2 buah cabai merah besar7. 6 buah cabai rawit merah8. 2 siung bawang putih9. 4 sendok makan gula merah serut10. 3 sendok makan air asam jawa11. Garam secukupnya12. Air matang secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:1. Pertama, kita akan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bersihkan ikan tenggiri, kemudian potong menjadi potongan-potongan kecil sesuai selera. Jangan lupa untuk membersihkan duri-duri yang masih menempel pada ikan.2. Selanjutnya, siapkan panci bertekanan atau panci presto. Masukkan ikan tenggiri yang telah dipotong ke dalam panci. Tambahkan air matang secukupnya, sekitar 2 gelas. Rebus ikan dalam panci presto selama kurang lebih 15 menit hingga matang sempurna. Angkat ikan setelah matang dan tiriskan.3. Sementara ikan sedang direbus, kita dapat mempersiapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau cobek. Jika sudah halus, sisihkan sebentar.4. Ambil satu buah mangga muda yang masih keras. Kupas kulitnya dan potong-potong sesuai selera. Lakukan hal yang sama pada nanas, timun, dan kacang panjang. Potong-potong dengan ukuran yang tidak terlalu besar.5. Setelah itu, siapkan wadah besar untuk mencampurkan semua bahan-bahan yang sudah dipersiapkan. Masukkan ikan tenggiri yang telah matang, potongan mangga muda, nanas, timun, dan kacang panjang ke dalam wadah tersebut.6. Tambahkan juga bumbu yang telah dihaluskan tadi, yaitu campuran cabai merah besar, cabai rawit merah, dan bawang putih. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.7. Setelah itu, tambahkan gula merah serut dan air asam jawa ke dalam wadah. Aduk kembali hingga semua bumbu meresap dan tercampur dengan sempurna.8. Terakhir, tambahkan garam secukupnya sesuai selera Anda. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur merata dan bumbu rujak ikan siap disajikan.

Nah, itulah resep bumbu rujak ikan yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Rujak ikan ini cocok disantap saat cuaca panas, karena rasanya yang segar dan pedas akan membuat Anda terasa lebih segar. Selain itu, bumbu rujak ikan juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika ingin lebih pedas, tambahkan jumlah cabai rawit sesuai selera Anda. Jika ingin lebih manis, tambahkan gula merah serut dengan takaran yang lebih banyak. Selamat mencoba dan nikmati makanan lezat ini bersama keluarga tercinta!

Dengan begitu, artikel tentang resep bumbu rujak ikan ini diharapkan dapat membantu Sobat Info Negeri dalam menemukan informasi dan inspirasi baru. Semoga artikel ini juga dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Google. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!