ikan pari masak

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini, kita akan membahas tentang ikan pari masak. Ikan pari merupakan salah satu ikan yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, ikan pari juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran dengan resepnya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Ikan pari masak adalah hidangan khas Nusantara yang mudah ditemukan di berbagai daerah. Ikan pari yang digunakan biasanya adalah ikan pari jerbung atau ikan pari belang. Dalam menyajikan hidangan ini, ada berbagai macam variasi resep yang dapat Anda coba, seperti ikan pari masak pedas, ikan pari masak kuning, atau ikan pari masak kecap.

Salah satu resep yang patut dicoba adalah ikan pari masak pedas. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit didapatkan. Anda membutuhkan sepotong ikan pari jerbung segar, bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, kunyit, kemiri, dan juga bumbu-bumbu dapur lainnya seperti garam, gula, dan penyedap rasa.

Pertama-tama, siapkan ikan pari yang sudah dibersihkan. Anda dapat membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Kemudian, haluskan bumbu-bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, kunyit, dan kemiri menggunakan blender atau ulek dengan cobek. Setelah itu, tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak goreng hingga harum.

Selanjutnya, masukkan potongan ikan pari ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga ikan terbalut dengan baik oleh bumbu tersebut. Tambahkan air secukupnya dan masak ikan pari dengan api kecil hingga ikan matang dan bumbu meresap. Jangan lupa untuk menambahkan garam, gula, dan penyedap rasa sesuai dengan selera Anda.

Ikan pari masak pedas siap disajikan! Anda dapat menghidangkannya dengan nasi putih hangat dan lalapan segar seperti timun atau sayur-sayuran hijau. Rasakan sensasi pedas dan gurihnya ikan pari yang lezat ini. Hidangan ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga tercinta di akhir pekan atau saat ada acara spesial.

Selain rasanya yang lezat, ikan pari juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Ikan pari mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Ikan pari juga rendah kalori dan kaya akan asam lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan jantung dan fungsi otak. Dengan mengonsumsi ikan pari secara teratur, Anda dapat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, ikan pari juga memiliki kandungan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit. Kolagen adalah protein yang membantu menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit. Dengan mengonsumsi ikan pari, Anda dapat menjaga kecantikan kulit secara alami.

Selain manfaat kesehatan, ikan pari juga menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat pesisir di Indonesia. Banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya dari hasil tangkapan ikan pari. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ikan pari, kita juga turut membantu perekonomian nelayan di daerah tersebut.

Demikianlah artikel tentang ikan pari masak yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari resep baru dan ingin menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk mencoba resep ikan pari masak pedas yang telah kami berikan. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta!