• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak ikan selain digoreng

BySaputra

Nov 9, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak ikan selain digoreng. Siapa yang tidak suka ikan? Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan kita. Namun, terkadang kita bosan dengan cara mengolah ikan yang monoton, seperti digoreng. Nah, jangan khawatir! Kita akan mencoba beberapa cara memasak ikan yang berbeda dan menggugah selera. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Ikan Panggang dengan Bumbu RujakSiapa bilang ikan harus selalu digoreng? Kita bisa mengolah ikan dengan cara dipanggang. Salah satu cara memasak ikan panggang yang lezat adalah dengan menggunakan bumbu rujak. Pertama, bersihkan ikan yang akan digunakan, kemudian lumuri ikan dengan bumbu rujak yang sudah dihaluskan. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap. Setelah itu, panggang ikan di atas bara api atau oven dengan suhu sekitar 180 derajat Celsius selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang sempurna. Sajikan ikan panggang dengan nasi putih hangat dan sayuran segar. Rasanya pasti lezat!

2. Pepes Ikan ala BetawiPepes merupakan cara tradisional dalam memasak ikan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Kali ini, kita akan mencoba memasak pepes ikan ala Betawi. Pertama, siapkan ikan segar yang sudah dibersihkan. Kemudian, campurkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai, dan terasi yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air jeruk limo untuk memberikan rasa segar pada ikan. Selanjutnya, bungkus ikan dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga ikan matang sempurna. Pepes ikan ala Betawi siap disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi. Nikmati sensasi menggigit ikan yang lembut dan bumbu yang meresap!

3. Ikan Kuah Asam PedasPernah mencoba ikan kuah asam pedas? Jika belum, ini saatnya untuk mencobanya! Ikan kuah asam pedas merupakan hidangan khas Indonesia yang memiliki rasa segar, asam, dan pedas. Pertama, bersihkan ikan yang akan digunakan dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, jahe, dan lengkuas yang sudah dihaluskan. Tambahkan air secukupnya, serta tambahkan air asam jawa dan daun jeruk nipis untuk memberikan rasa asam pada kuah. Masukkan potongan ikan ke dalam kuah dan biarkan hingga ikan matang sempurna. Sajikan ikan kuah asam pedas dengan nasi hangat dan irisan tomat serta daun kemangi segar. Rasanya pasti menggugah selera!

4. Ikan Bakar Kecap ManisSelain ikan panggang, kita juga bisa mencoba memasak ikan dengan cara dibakar. Salah satu cara yang dapat kita coba adalah dengan membuat ikan bakar kecap manis. Pertama, siapkan ikan segar yang sudah dibersihkan. Lumuri ikan dengan campuran kecap manis, bawang putih, bawang merah, cabai, dan sedikit gula. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap. Selanjutnya, bakar ikan di atas bara api atau panggang di dalam oven dengan suhu sekitar 200 derajat Celsius selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang sempurna. Sajikan ikan bakar kecap manis dengan nasi putih dan acar mentimun. Pasti enak!

5. Gulai Ikan PalembangIngin mencoba masakan khas Sumatera Selatan? Cobalah memasak gulai ikan Palembang! Gulai ikan Palembang memiliki rasa khas dengan bumbu rempah yang sangat lezat. Pertama, tumis bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, merica, dan serai yang sudah dihaluskan. Tambahkan air secukupnya, serta masukkan ikan yang sudah dibersihkan ke dalam kuah. Biarkan ikan matang dan bumbu meresap sempurna. Sajikan gulai ikan Palembang dengan nasi hangat dan kerupuk. Rasanya pasti menggugah selera!

Itulah beberapa cara memasak ikan selain digoreng yang dapat kita coba. Setiap cara memasak memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri. Jadi, mari berkreasi dengan bahan makanan yang tersedia di sekitar kita. Jangan ragu untuk mencoba variasi baru dalam memasak ikan agar hidangan kita semakin bervariasi dan enak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra