membuat biji ketapang

Judul: Cara Mudah Membuat Biji Ketapang yang Renyah dan Gurih

Apa itu Biji Ketapang?

Hello semua, jika kamu adalah pecinta makanan asal Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan biji ketapang. Biji ketapang adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula kelapa, dan parutan kelapa yang digoreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat biji ketapang menjadi camilan favorit banyak orang. Nah, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat biji ketapang yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat biji ketapang, pastikan kamu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat biji ketapang:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 250 gram
Gula kelapa 150 gram
Parutan kelapa 200 gram
Garam 1/2 sendok teh
Air daun pandan 300 ml
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Biji Ketapang

1. Campurkan tepung ketan, gula kelapa, parutan kelapa, dan garam dalam sebuah wadah besar. Aduk rata.2. Tambahkan air daun pandan sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan bisa dipulung.3. Ambil sejumput adonan lalu bulatkan hingga berbentuk biji ketapang. Ulangi hingga adonan habis.4. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Pastikan minyak cukup banyak agar biji ketapang bisa tenggelam dan matang dengan sempurna.5. Goreng biji ketapang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.6. Biarkan biji ketapang dingin dan siap dihidangkan.

Tips dan Trik

– Jika tidak ada air daun pandan, kamu bisa menggunakan air biasa atau santan untuk menggantinya.- Jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam adonan agar biji ketapang tidak mudah hancur saat digoreng.- Aduk adonan dengan baik agar bahan-bahan tercampur secara merata.- Pastikan minyak yang digunakan sudah panas sebelum memasukkan biji ketapang.- Jangan terlalu sering membalik biji ketapang saat digoreng agar warnanya merata dan tidak gosong.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat biji ketapang yang renyah dan gurih di rumah. Kamu bisa membuat camilan ini kapan saja dan untuk acara apa saja. Selamat mencoba!